Pengurangan Pecahan Kelas 3


Pengurangan Pecahan Kelas 3

Hasil pengurangan pecahan 2 4/5-3/4 kelas 5

Daftar Isi

1. Hasil pengurangan pecahan 2 4/5-3/4 kelas 5


Jawab:

Penjelasan dengan langkah-langkah:

[tex]2\frac{4}{5} - \frac{3}{4}[/tex] (pertama, jadikan pecahan biasa)

= [tex]\frac{14}{5} - \frac{3}{4}[/tex] (kemudian, samakan penyebutnya)

= [tex]\frac{14 x 4}{5 x 4}- \frac{3x5}{4x5} =\frac{56}{20} -\frac{15}{20}[/tex]

= [tex]\frac{41}{20} = 2\frac{1}{20}[/tex]

Jawaban:

[tex] \frac{41}{20} [/tex]

Penjelasan dengan langkah-langkah:

[tex] 2 \frac{4}{5} - \frac{3}{4} \\ = \frac{14 \times 4}{5\times 4} - \frac{3 \times 5}{4 \times 5} \\ = \frac{56}{20} - \frac{15}{20} \\ = \frac{56 - 15}{20} \\ = \frac{41}{20} = 2 \frac{1}{20}[/tex]


2. Hasil dari pengurangan pecahan campuran kelas V 2 2/3-1/3-1 1/3 Adalah bantu jawab:)


jawabadalah:

22/31/311/3=1


3. Materi : Penjumlahan dan pengurangan pecahanKelas : VBab : 1Hasil dari pecahan[tex]{\sf{ \frac{3}{3} + \frac{3}{3} - \frac{2}{2}}} [/tex]adalah ​


» Penyelesaian

[tex] \tt \frac{3}{3} + \frac{3}{3} - \frac{2}{2} [/tex]

[tex] \tt \frac{1}{1} + \frac{1}{1} - \frac{1}{1} [/tex]

[tex] \tt \frac{2}{2} - \frac{1}{1} [/tex]

[tex] \tt \frac{1}{1} [/tex]

[tex] \bf 1[/tex]

Jawaban:

3/3 + 3/3 - 2/2

1 + 3/3 - 2/2

1 + 1 - 2/2

1 + 1 - 1

2 - 1

=> 1

Penjelasan dengan langkah-langkah:

» Punya MonaCanz «

4. Penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan 1.4/5 + 1/5 2.8/10 + 1/10 3.7/8 + 1/8 4.6/4 - 3/4 5.8/7 - 5/7 Pelajaran mtk kelas 5 Dihitung menggunakan cara! Minta tolong ya kakak , terima kasih


Penjelasan dengan langkah-langkah:

Nomor 1

[tex] = \frac{4}{5} + \frac{1}{5} [/tex]

[tex] = \frac{4 + 1}{5} [/tex]

[tex] = \frac{5}{5} [/tex]

[tex] = 1[/tex]

[tex] \: [/tex]

Nomor 2

[tex] = \frac{8}{10} + \frac{1}{10} [/tex]

[tex] = \frac{8 + 1}{10} [/tex]

[tex] = \frac{9}{10} [/tex]

[tex] \: [/tex]

Nomor 3

[tex] = \frac{7}{8} + \frac{1}{8} [/tex]

[tex] = \frac{7 + 1}{8} [/tex]

[tex] = \frac{8}{8} [/tex]

[tex] = 1[/tex]

[tex] \: [/tex]

Nomor 4

[tex] = \frac{6}{4} - \frac{3}{4} [/tex]

[tex] = \frac{6 - 3}{4} [/tex]

[tex] = \frac{3}{4} [/tex]

[tex] \: [/tex]

Nomor 5

[tex] = \frac{8}{7} - \frac{5}{7} [/tex]

[tex] = \frac{8 - 5}{7} [/tex]

[tex] = \frac{3}{7} [/tex]


5. Tolong kak plisss Pengurangan pecahan Selesaikan soal berikut ini 1. 3/4 - 2/6 = 2. 2/3 - 1/4 = 3. 5/7 - 4/14 = 4. 6/8 - 3/24 = 5. 4/5 - 3/15 = Kirim ke japri ibu tulis nama dan kelas


Penjelasan dan langkah-langkah:

1. 3/4 - 2/6

= 18/24 - 8/24

= 10/24

= 5/12

2. 2/3 - 1/4

= 8/12 - 3/12

= 5/12

3. 5/7 - 4/14

= 10/14 - 4/14

= 6/14

= 3/7

4. 6/8 - 3/24

= 18/24 - 3/24

= 15/24

= 5/8

5. 4/5 - 3/15

= 12/15 - 3/15

= 9/15

= 3/5


6. 2. Selesaikanlah soal-soal yang berkaitan dengan pengurangan pecahan campuranKerjakan dengan percaya diri!a. 8 6 _ - _ 10 15b. 12 2 _ - _ 15 20c. 3 3 8 _ - 5_ 5 7Kelas 5A​


[tex] \tt{ \color{violet}{Jawaban :}}[/tex]

[tex] \large{ \tt{a. \: \frac{8}{10} \: - \: \frac{6}{15}}}[/tex]

[tex] \large{ \tt{ \: \: \: = \: \frac{(8 \: \times \: 15) \: - \: (6 \: \times \: 10) }{10 \: \times \: 15}}}[/tex]

[tex] \large{ \tt{ \: \: \: = \: \frac{120 \: - \: 60}{150}}}[/tex]

[tex] \large{ \tt{ \: \: \: = \: \frac{60}{150} }}[/tex]

[tex] \large{ \tt{ \: \: \: = \: \boxed{ \frac{2}{5}}}} [/tex]

------------------------

[tex] \large{ \tt{b. \: \frac{12}{15} \: - \: \frac{2}{20}}} [/tex]

[tex] \large{ \tt{ \: \: \: = \: \frac{(12 \: \times \: 20) \: - \: (2 \: \times \: 15)}{15 \: \times \: 20} }}[/tex]

[tex] \large{ \tt{ \: \: \: = \: \frac{240 \: - \: 30}{300}}} [/tex]

[tex] \large{ \tt{ \: \: \: = \: \frac{210}{300}}} [/tex]

[tex] \large{ \tt{ \: \: \: = \: \boxed{ \frac{7}{10}}}}[/tex]

-----------------------------

[tex] \large{ \tt{c. \: 8 \frac{3}{5} \: - \: 5 \frac{3}{7} }}[/tex]

[tex] \large{ \tt{ \: \: \: = \: \frac{43}{5} \: - \: \frac{38}{7}}} [/tex]

[tex] \large{ \tt{ \: \: \: = \: \frac{(43 \: \times \: 7) \: - \: (38 \: \times \: 5)}{5 \: \times \: 7}}} [/tex]

[tex] \large{ \tt{ \: \: \: = \: \frac{301 \: - \: 190}{35}}} [/tex]

[tex] \large{ \tt{ \: \: \: = \: \frac{111}{35}}} [/tex]

[tex] \large{ \tt{ \: \: \: = \: \boxed{3 \frac{6}{35}}}} [/tex]

_________________________

[tex] \pink{✿}{ \color{violet}{ Pembahasan}{ \pink{✿}}}[/tex]

[tex] \tt{Pecahan \: ditulis \: seperti \: \frac{a \: → \: pembilang}{b \:→ \: penyebut } }[/tex]

Pecahan harus ditulis sesederhana mungkin.

Menyederhanakan pecahan berarti menentukan pecahan senilai dengan nilai pembilang dan penyebut lebih kecil. Menyederhanakan pecahan dilakukan dengan membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama. Jika pembilang dan penyebut tidak dapat disederhanakan lagi, pecahan tersebut dinamakan pecahan sederhana.

Jenis-jenis pecahan :

Pecahan biasaPecahan campuranPecahan desimalPecahan persen / per - seratus

==============================

[tex] \colorbox{black}{\color{violet}{\boxed{\pink{Answer By : Violleta10}}}}[/tex]


7. Halo,minta tolong jawab soal ini,ini butuh banget :(soal : 2 3/20 - 7/20 =Materi : pengurangan pecahan kelas 6 SDNote : Pakai cara ya kak,terimakasih​


Jawaban:

[tex] \frac{113}{20 } = 5 \frac{13}{20} [/tex]

Penjelasan dengan langkah-langkah:

[tex]2 \frac{3}{20} - \frac{7}{20} = \frac{120}{20} - \frac{7}{20} = \frac{113}{20} = 5 \frac{13}{20} [/tex]

maaf jika salah semoga membantu


8. Quis malam GuysMapel: MTK & ibadah Kelas : -Level 51. ubahlah bentuk pecahan desimal ke bentuk pecahan biasa 10,8 ?2. Jumlah ruku' Sholat gerhana bulan adalah?3. Sebutkan berapa saja sholat Sunnah! 4. Jumlahnya pecahan ini 6 2 / 7 + 3,7 ?5. Hasil dari pengurangan pecahan ini adalah 8 / 2 - 3 / 9 ?#NO COPAS#NO NGASAL, YANG NGASAL AKU LAPORIN...#PAKE CARA YA...#BIG POIN#JANGAN MAU POIN DOANG YA...SELAMAT MENGERJAKANSEKALIAN SEDEKAH ONLINE YA...​


[tex]1) \: 10.8 = \frac{108}{10} = \frac{108 \div 2}{50 \div 2} = \frac{54}{5} [/tex]

2) 4 (empat)

3) Sholat Sunnah Rawatib, Dhuha, Taubat, Witir, Tasbih, Tahajud, Gerhana, Istikharah.

[tex]4) \: 6 \frac{2}{7} + 3.7 = [/tex]

[tex] = \frac{44}{7} + 3.7[/tex]

[tex] = \frac{44}{7} + \frac{37}{10} [/tex]

[tex] = \frac{699}{70} [/tex]

[tex] = 6 \frac{69}{70} [/tex]

[tex] 5) \: \frac{8}{2} - \frac{3}{9} = [/tex]

[tex] = 4 - \frac{3}{9} [/tex]

[tex] = 4 - \frac{1}{3} [/tex]

[tex] = \frac{12 - 1}{3} [/tex]

[tex] = \frac{11}{3} [/tex]

[tex] = 3 \frac{2}{3} [/tex]


9. Operasi pengurangan pecahan berikutyang menghasilkan bilangan bulatadalah ....a. 1,5- 3/4b. 1 1/4 - 0,25C. 75% - 1/2d. 2 1/4 - 1,5Tolong dijawab dengan jelas yaDan kalo mau tau soalnya ada di buku ESPS Matematika Kelas 5 hal 22.TERIMA KASIH​


Penjelasan + cara ada digambar

Semoga membantu


10. soal pertambahan pengurangan pecahan kelas 7 1 3/5 + 2 1/6 - 1/2 bantu jawab pliss​


Jawaban:

3 4/15

Penjelasan dengan langkah-langkah:

1 3/5+2 1/6-1/2

= (1 + 2) + (3/5 + 1/6) -1/2

= 3 +((3 × 6) / (5 × 6) + (1 × 5) / (6 × 5))-1/2

= 3 + (18/30 + 5/30) - 1/2

= 3 + (18 + 5) / 30 - 1/2

= 3 + 23/30 - 1/2

= 3 + 23/30 - (1 × 15) / (2 × 15)

= 3 + 23/30 - 15/30

= 3 + (23 - 15) / 30

= 3 + 8/30

= 3 + (8 ÷ 2)/(30 ÷ 2)

= 3 + 4/15

= 3 4/15


11. Halo,minta tolong jawab soal ini,ini butuh banget :( soal : 10 1/2 - 7/9 - 4 3/4 = Materi : pengurangan pecahan kelas 6 SDNote : pakai cara ya kak​


Jawaban:

jadi Jawaban nya =179/36

atau=4 35/36

atau=4.972

Penjelasan dengan langkah-langkah:

semoga membantu,,maaf kalo salah


12. Tolong kak kerjain 3 nomor ini saya butuh contoh soal untuk ujian makasihh(kelas 5 mapel matematika bab pengurangan pecahan)​


Penjelasan:

1.2/21

[tex] \frac{11}{12} - \frac{4}{7} = \frac{29}{84} - \frac{1}{4} = [/tex]

11/12 - 4/7=77- 48/84=29/84 - ¼=

116-84/336=32/336

Disederhanakan:

[tex] \frac{4}{42} [/tex]

Disederhanakan (2):

[tex] \frac{2}{21} [/tex]

2.7/12

15/12 - ⅙= 90-12/72=

(78/72)

78/72- 2/4=312-144/288=

168/288

Disederhanakan:

21/36

Disederhanakan (2):

7/12

3.

⅚-4/15= 75-24/90=

(51/90)

51/90-2/10=510-180/900=

330/900

Disederhanakan=

33/90

Disederhanakan (2)=

11/30

Finish.......


13. Kak tolong dijawab ya pengurangan berbagai bentuk pecahan 0,75 - 2/3 matematika kelas 5


Penjelasan dengan langkah-langkah:

0,75 = 3/4

= 0,75 - 2/3

= 3/4 - 2/3 (samakan penyebutnya)

= 9/12 - 8/12

= 1/12

= 0,083


14. 1. 5- 7/6 = 2. 9- 13/18 = 3 . 4- 2 1/5 = kelas 5 bab pengurangan pecahan tolong bantu yaa


maaf kalo salah, aku masih coba-coba aja1) 5/1 - 7/6 = 30/6 - 7/6 = 23/6 = 3 5/6
2) 9/1 - 13/18 = 162/18 - 13/18 = 149/18 =8 5/18
3) 4/1 - 2 1/5 = 4/1 - 11/5 = 20/5 - 11/5 = 9/5

15. Bidang studi matematika.Nama:Kelas: VTentukanlah hasil dari soal- soal berikut ini.1.Hasil penjumlahan 1/8 + 1/4 = .....2.Hasil dari 5/10 + 6/5 = .....3.7/5 + 9/5 = .....4.Hasil penjumlahan 12/7 + 8/7 = .....5.Hasil pengurangan pecahan 2/3 - 1/2 = ....6.pengurangan pecahan 3 1/3 - 2/5 =.....7.Hasil dari 41/7 - 11/7 = ....8.Perkalian pecahan 1 2/3 × 1/2 = ....9.Hasil dari 3/4 × 6/7 = ....10.Hasil perkalian dari 2,25 × 4/5 = ....11.Perkalian pecahan desimal 0,4 × 0,5 = ....12.Hasil perkalian dari 0,16 × 2,12 = ....13. Hasil pembagian pecahan 3/4 : 2 = ....14. Pembagian pecahan 5/6 : 10 = N N= ...15.Hasil dari 6 : 3/4 = ....​


Jawaban:

[tex]1.) \frac{1}{8} + \frac{1}{4} = \frac{1 + 2}{8} = \frac{3}{8} [/tex]

[tex]2.) \frac{5}{10} + \frac{6}{5} = \frac{5 + 12}{10} = \frac{17}{10} = 1 \frac{7}{10} [/tex]

[tex]3.) \frac{7}{5} + \frac{9}{5} = \frac{16}{5} [/tex]

[tex]4.) \frac{12}{7} + \frac{8}{7} = \frac{20}{7} [/tex]

[tex]5.) \frac{2}{3} - \frac{1}{2} = \frac{4 - 3}{6} = \frac{1}{6} [/tex]

[tex]6.) \frac{10}{3} - \frac{2}{5} = \frac{50 - 6}{15} = \frac{44}{15} [/tex]

[tex]7.) \frac{41}{7} - \frac{11}{7} = \frac{30}{7} [/tex]

[tex]8) \frac{5}{3} \times \frac{1}{2} = \frac{5}{6} [/tex]

[tex]9.) \frac{3}{4} \times \frac{6}{7} = \frac{18}{28} = \frac{9}{14} [/tex]

[tex]10.) \frac{4}{5} = 4 \div 5 = 0.4 \\ 2.25 \times 0.4 = 0.9[/tex]

[tex]11.)0.4 \times 0.5 = 0.2[/tex]

[tex]12.)0.16 \times 2.12 = 0.3392[/tex]

[tex]13.) \frac{3}{4} \div \frac{2}{1} = \frac{3}{4} \times \frac{1}{2} = \frac{3}{8} [/tex]

[tex]14.) \frac{5}{6} \div \frac{10}{1} = \frac{5}{6} \times \frac{1}{10} = \frac{1}{6} \div \frac{1}{2} = \frac{1}{12} \\ lima \: ama \: sepuluh \: dibagi \: lima [/tex]

[tex]15.) \frac{6}{1} \div \frac{3}{4} = \frac{6}{1 } \times \frac{4}{3} = \frac{2}{1} \times \frac{4}{1} = \frac{8}{1} = 8 \\ 6 \: ama \: 3 \: dibagi \: 3 \: dlu[/tex]

maaf klo slh

smgaa mmbantu

jgn lupa jadikan jawaban terbaik

#udhcapenih


16. woy besok mau di kumpul pr mtk gw tolonggggggg ini soal sampe limaINI SOAL KELAS 5tentang pengurangan pecahan yang nomor 1 udah kerjakan tinggal 2 3 4 5plisss gw bingungsoalnya pake cara kerja ini soal matematika nya 2 . 2/1- 4/23. 3/1- 6/7 4. 3/3- 4/8 5. 1/2- 7/1​


Jawaban:

[tex]2. \: \frac{2}{1} - \frac{4}{2} = \frac{4}{2} - \frac{4}{2} = 0[/tex]

[tex]3. \: \frac{3}{1} - \frac{6}{7} = 3 - \frac{6}{7} = \frac{15}{7} = 2 \frac{1}{7} [/tex]

[tex]4. \: \frac{3}{3} - \frac{4}{8} = 1 - \frac{1}{2} = \frac{1}{2} [/tex]

[tex]5. \: \frac{1}{2} - \frac{7}{1} = \frac{1}{2} - 7 = - \frac{13}{2} = - 6 \frac{1}{2} [/tex]

semoga membantu

≡^ˇ^≡

jangan lupa follow ak

Jawaban:

[tex]2. \: \: \: 0[/tex]

[tex]3. \: \: \: 2 \frac{1}{7} [/tex]

[tex]4. \: \: \: \frac{1}{2} [/tex]

[tex]5. \: \: \: - 6 \frac{1}{2} [/tex]

Penjelasan dengan langkah-langkah:

[tex]2. \: \: \: \frac{2}{1} - \frac{4}{2} = \frac{2 \times 2}{1 \times 2} - \frac{4 \times 1}{2 \times 1} = \frac{4}{2} - \frac{4}{2} = 0[/tex]

[tex]3. \: \: \: \frac{3}{1} - \frac{6}{7} = \frac{3 \times 7}{1 \times 7} - \frac{6}{7} = \frac{21}{7} - \frac{6}{7} \\ = \frac{15}{7} = 2 \frac{1}{7} [/tex]

[tex]4. \: \: \: \frac{3}{3} - \frac{4}{8} = \frac{3 \times 8}{3 \times 8} - \frac{4 \times 3}{8 \times 3} = \frac{24}{24} - \frac{12}{24} \\ = \frac{12}{24} = \frac{1}{2} [/tex]

[tex]5. \: \: \: \frac{1}{2} - \frac{7}{1} = \frac{1}{2} - \frac{7 \times 2}{1 \times 2} = \frac{1}{2} - \frac{14}{2} = \frac{ - 13}{2} \\ = - 6 \frac{ 1}{2} [/tex]

[tex]{\boxed{\boxed{ \purple {Semoga \: Membantu \: Dan \: Terimakasih}}}}|[/tex]


17. kelas vuMATEMATIKATugas !Ubahlah bilangan berikut ke dalam pecahan Paling Sederhanaa. 45 %b 0.5c. 750 %d. 3h3Tentukan hasil dari penjumlahan dan pengurangan berikutc. 23 + 24b. - d. 43-13 +2 233) Urutkan bilangan berikut dari yang terkecila $ : 55% 45 %; 0.5​


Jawaban:

a. 9/20

b. 1/2

c.7/2

maaf kalau salah ya kak


18. 1. ibu memiliki pita sepanjang 3.2 meter.pita tersebut akan dipotong menjadi 8 ukuran yang sama.maka ukuran tiap potong adalah 2. bentuk pecahan biasa dari 0.245 adalah 3. Bentuk pecahan desimal dari 6/48 adalah 4. Hasil pengurangan 3 4/5 - 2.3 = 5. Bentuk persen dari 2/5 adslah 6.87% jika dijadikan pecahan biasa menjadi.. 7. Hari ini anak anak kelas V diminta mengumpulkan pita ukuran 3/4 meter.jika jumlah siswa di kelas tersebut adalah 25 siswa.berapa banyak pita terkumpul.. 8. Hasil dari 4/5:3/4 =


Jawab:

1) 0,4

2)49/200

3)0,125

4)1,5

5) 40%

6) 87/100

7) 18,75

8)16/15

Penjelasan dengan langkah-langkah:

1) 3,2÷8=0,4

2) 0,245=245÷1000=49/200

3)6/48=1/8=0,125

4) 3 4/5+2,3=3,8-2,3=1,5

5) 2/5×100%=40%

6) 87%=87/100

7) 3/4×25=18,75

8) 4/5÷3/4=4/5×4/3=16/15


19. 9 2/5 + (1 3/4 - 50%)Mapel: MatematikaKelas: 6Tentang: Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan PecahanHalaman: 51​


Jawaban:

[tex]10 \frac{11}{40} [/tex]

Penjelasan dengan langkah-langkah:

[tex]1 \frac{3}{4} - 50\% = \frac{7}{4} - \frac{7}{8} = \frac{7}{8} \\ \\ 9 \frac{2}{5} + \frac{7}{8} = \frac{47}{5} + \frac{7}{8} = \frac{8 \times 47 + 5 \times 7}{40} = \frac{411}{40} = 10 \frac{11}{40} [/tex]

Mapel: Matematika

Kelas: 6

Tentang: Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan

Halaman: 51


20. tentukan hasil penjumlahan dan pengurangan dri pecahan dengan cara mencari kpk1,2/3+4/72.5/4+2'1/33.6.3/4-2.1/34.8/9-5/65.4/9+7/12mohon dibantu kakak saya kelas 5​


Jawaban:

maaf saya kelas 4 tapi saya pernah belajar pembelajaran kelas 6 saat kelas 3 saat lomba tapi saya lupa


Video Terkait


Post a Comment

0 Comments