buatkan puisi/novel/cerpen tentang pahlawan atau ibu
1. buatkan puisi/novel/cerpen tentang pahlawan atau ibu
Ini puisi ibu.
Ibu kau lah yang telah melahiriku....
Kau surgaku....
Betapa kau sayang kepadaku.....
Kau tidak pernah lelah... Untuk menyusuiku diwaktu kecil.... Kaulah ibuku tersayang..... IBU
Ibu...
Engkaulah yang melahirkan aku
Yang menjaga aku
Yang menemaniku
Dan memeluk ku di saat aku sedih
atau ketakutan
Ibu....
Walaupun kita sering berdebad
Walaupun aku sering tidak mendengar nasihat mu
Engkau tetap ibu ku
Yang paling ku cinta
Ibu...
Terima kasih atas segala pengorbanan mu
Untuk ku
Aku berjanji
Akan membuat mu bangga
Suatu hari nanti
2. Tolong bantu saya buat cerpen tentang ibuku pahlawanku / orang tuaku pahlawanku maksimal sebanyak 1000 kata...
Jawaban:
ibuku ,
ibuku adalah pahlawan tanpa tadnda jsa yg melahirkn ku dri dlm prutnya dngan perjuangan. menjadi seorang ibu menurutku adlh hal yg mudh tpi sebenrny tdk ibu adlh pahlwan yg tnpa knl lelah dia slalu menyayangiku dan merwtku tpi syng saat ak bsar ak mengecewakanya ak sring membantah dn sllu bertenngkar dngan ibu ku sndiri stiap plng skolah ad sj msalah ibu slalu mensihatiku tnpa henti kdng² ak brkta " bu tlong jangan ganggu hidupku lgi " kupikir kta² itu akn membantu trnyata tdak saat ak sdh branjak dwasa akpun menikah dengn pria tampatb yg baik 3 bulan kmudian ak mengandumg anak / hamilnak berpikir apkh ini yg dialami oleh ibu dlu sat mengandungku berapa bln kmudian ak mlhirkan rsa skit pun ad akhirnya ak pun mlhirkan anakku saat itu aku brpikir mungkin inikah yg trjdi pda ibuku dlu lalu air mtapun kluar dn ak pun mnagis lalu ak plang kermah untuk menmui ibuku dan aku pun minta maaf kpd ibuku " ibu ak minta maaf saat ak kcil dlu" ibukku pu hnya tersenyum gembira skian trimksih.
3. buatlah cerpen tentang tema ibuku pahlawan ku #Minimal 2 halaman kertas folio#
Jawaban:
ibuku adalah seorang pahlawan Nasional untuk anak anak nya
4. Ini yang bentuk bukan pdfnya yah Kaks :> Karena pdfnya donlotnya lama :3 Tenkiiu kaks o((>ω< ))o Pada suatu hari hiduplah seekor rusa betina dengan satu ekor anaknya. Mereka tengah makan rumput segar di padang rumput. Si anak rusa melihat seekor kupu-kupu yang cantik, lalu si anak rusa mengikuti kupu-kupu tersebut. Telah jauh si anak rusa berjalan tiba-tiba datanglah seekor serigala yang lapar. Ketika si serigala akan menerkam si anak rusa, tiba-tiba singa menghadang serigala tersebut. Tak lama ibu rusa pun datang sebagai pahlawan untuk anaknya. Saat serigala dan singa tengah bertengkar, ibu rusa tersebut memanfaatkan kesempatan tersebut untuk kabur dari ancaman hewan buas tersebut 1. Apa tema dari cerita tersebut? 2. Apa latar suasana yang digambarkan pada cerita tersebut? 3. Tokoh yang memiliki sifat tercela dalam sebuah cerita disebut tokoh ... 4. Pemberian sifat pada pelaku-pelaku yang terlibat dalam sebuah cerita disebut ... 5. Penggambaran karakter tokoh dalam cerita melalui cara berpakaian, postur tubuh dan bentuk rambut termasuk dalam metode ... 6. Tempat terjadinya peristiwa dalam cerita disebut ... 7. Penokohan yang dapat dilihat secara langsung dan tidak berbelit-belit menggunakan ... 8. Sifat atau watak yang dimiliki tiap tokoh cerita disebut ... 9. Rangkaian peristiwa dalam cerita yang saling berhubungan disebut ... 10. Pesan moral yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca disebut ... 11. Unsur yang mempengaruhi terciptanya sebuah cerita dari dalam sebuah cerita disebut ... 12. Pesan yang hendak disampaikan seorang pengarang dalam karyanya disebut ... 13. Cara pengarang menceritakan kisah dalam cerita disebut ... 14. Tokoh yang menjadi lawan tokoh protagonis adalah ... 15. Gambaran tempat dan waktu terjadinya peristiwa dalam cerita disebut ... 16. Suasana kelas 4 siang itu benar-benar istimewa. Istimewa karena kali ini anak-anak belajar dengan polisi. Sengaja Bu Anita, guru mereka mengundang pak polisi ke sekolah mereka. "Agar anak-anak tidak jenuh, "kata Bu Anita waktu ditanya anak anak. Latar atau tempat kejadian pada penggalan cerita tersebut adalah ... 17. Gagasan atau ide yang ada dalam cerita disebut ... 18. Individu yang mengalami peristiwa dalam cerita disebut ... 19. Apa saja tokoh dalam sebuah cerita? 20. Jelaskan pengertian latar atau setting dalam sebuah cerita! Perhatikan penggalan dongeng berikut untuk soal nomor 21- 24 ! Kancil beristirahat di bawah pohon bambu. Tiba-tiba datanglah Harimau. Harimau hendak memakan Kancil. Kancil yang cerdik mencoba membohongi Harimau. 21. Tokoh kutipan dongeng tersebut adalah ... 22. Peristiwa dalam kutipan dongeng tersebut terjadi di ... 23. Tokoh yang pantas dicontoh dalam kutipan dongeng tersebut adalah ... 24. Watak tokoh Kancil dalam kutipan dongeng tersebut adalah ... 25. Sebutkan unsur-unsur dalam sebuah cerita! 26. Sebutkan beberapa cara yang dapat dijadikan cara untuk memahami watak tokoh! 27. Jelaskan jenis-jenis alur dalam sebuah cerita! 28. Sebutkan tiga macam tokoh dalam sebuah cerita ... 29. Perhatikan paragraf berikut! Manusia lahir ke dunia sebagai makhluk pribadi sekaligus makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak mungkin terlepas dari hidup bermasyarakat. Di dalam masyarakat kita sering melakukan kegiatan bermanfaat yang dilakukan secara gotong royong. Dengan bergotong royong kita dapat saling membantu, tolong-menolong, bekerja sama, kunjung-mengunjungi, untuk mencapai kesejahteraan bersama. Jelaskan pesan moral yang terkandung dalam paragraf di atas ! 30. Jelaskan tahapan-tahapan dalam alur suatu cerita ! 31. Bacalah cerita berikut dengan cermat! Prabu Tapa Agung menunjuk Purbasari, putri bungsunya sebagai pengganti menduduki tahta kerajaan. Purbasari memiliki kakak yang bernama Purbararang. la tidak setuju adiknya diangkat menggantikan ayah mereka. Kegeraman Purbararang yang sudah memuncak membuatnya mempunyai niat mencelakakan adiknya. la menemui seorang penyihir untuk memantrai Purbasari sehingga saat itu juga tiba-tiba kulit Purbasari menjadi bertotol-totol hitam. Bagaimana watak tokoh Purbararang? 32. Raja sering berkeliling ke rumah-rumah penduduk dan membantu menanam padi di sawah. la tak pernah memungut pajak sepeser pun dari rakyat. Rakyatnya sangat menghormati dan menyayangi sang raja. Tulislah amanat yang dapat dipetik dari penggalan cerita di atas ! 33. Kucing yang malang itu kini tertidur lelap di kolong jembatan. Tak ada satu pun yang mau berkawan dengannya. Itulah akibat dari kesombongannya selama ini dia hanya bisa menyesali sifat buruknya itu. Tulislah amanat yang tepat untuk penggalan cerita di atas ! 34. Jelaskan yang dimaksud sudut pandang pada sebuah cerita! 35. Apa yang dimaksud dengan fabel? 36. Jelaskan perbedaan metode analitik dan dramatik dalam menggambarkan tokoh cerita! 37. Jelaskan yang dimaksud dengan penokohan! 38. Jelaskan cara untuk mengetahui karakter dalam cerpen! 39. Sebutkan unsur intrinsik dalam sebuah cerita! 40. Sebutkan unsur ekstrinsik dalam sebuah cerita!
Jawaban:
1 singa sang penyelamat
2 tentang serigala rakus
6 di hutan
Penjelasan:
segitu doang semoga membantu
no copas
Jawaban:
3. Antagonis
4. Watak
5. Penokohan
7. Teknik penokohan analitik atau naratif
8. Penokohan
9. Alur cerita
11. Unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.
12. Amanat
13. -
14. antagonis
15. Latar
16. Kelas 4
Mohon Maaf Atas Tidak Lengkapnya Jawaban Saya.Karena tangan saya sudah capek5. Cermati cerpen berikut! Cerpen ITahun demi tahun irama genjotan mesin jahit sudah mendarah daging baginya, genjotan mesin jahit yang menjadi lambang kerja keras mamanya demi menghidupi dia. Mamanya adalah pahlawan besar. Tak boleh dia mungkiri itu. Sedangkan papanya? Tentang berbagai kejadian pada kurun waktu di mana dia dan mamanya tinggal di paviliun itu, tidak banyak yang berbekas pada memorinya. Hanya beberapa penggal bagian samar yang tak utuh. Dia masih bisa mengingat, sebelum mesin jahit itu ada, mamanya bekerja layaknya perempuan orang tua tunggal lainnya. Kerja kantoran, pasti. Tetapi, jadwal kerja mamanya tidaklah selalu tetap. Kalau mamanya berangkat siang, pasti pulangnya selepas petang. (Kupu-Kupu Tak Berkepak, Bubin Lantang) Cerpen IISejak papa meninggal lima tahun lalu, mama memang mulai berubah. Setidaknya di mata Kezia. Mama jadi lebih keras, lebih tegas menerapkan disiplin ke Kezia dan Baby dan makin banyak peraturan! Meski kesibukannya di surat kabar nasional itu makin padat, tapi mama selalu punya waktu untuk memantau kegiatan anak-anaknya. Bagi Kezia, mama cenderung jadi over protective. (Kezia Loves Mama, Gustin Surad'i) Persamaan isi kedua cerpen tersebut adalah * A. penggunaan sudut pandang orang pertama B. ibu yang selalu menerapkan disiplin pada anak-anaknya C. perjuangan seorang ibu demi membesarkan anaknya D. pekerjaan ibu sebagai penjahit E. kerasnya kehidupan seorang ibu di ibu kota
rumah adat baduy dan jelaskan kegunaannya bgKj g tidak tau tidak tau tidak tau tidak tau tidak tau tidak tau tidak tau tidak tau tidak tau tidak tau tidak
6. Shinta adalah anak kelas 2 SD yang tidak memiliki ibu. Ibu Shinta meninggal saat proses persalinan Shinta sewaktu bayi. Shinta merupakan siswi cerdas yang mendapatkan beasiswa di sekolah terfavorit di kecamatan Sukamakmur. Shinta memiliki seorang ayah yang sangat baik, rajin dan penyayang. Setiap hari ayah mengantar Shinta ke sekolah berjalan kaki karena kondisi ekonomi yang belum beruntung, tak jarang Shinta digendong di pundak ayahnya. Shinta tidak pernah merasa malu diantar ayahnya berjalan kaki ke sekolah meski teman yang lain banyak yang diantar sopirnya menggunakan mobil. Ayah Shinta bekerja sebagai buruh di sebuah pertokoan, ia sangat rajin bekerja demi menghidupi dan memenuhi kebutuhan pokok putri semata wayangnya. Ayahnya selalu berusaha agar Shinta memperoleh pendidikan terbaik meski dalam kondisi yang sulit sekalipun. Ayah Shinta selalu memberikan keteladanan rajin beribadah tepat waktu. Ayah Shinta selalu memberikan nasehat untuk selalu berdoa dan berjuang meski dalam kondisi sesulit apapun. Sepulang sekolah Shinta lalu bergabung dengan sanggar seni dekat rumahnya di Kota tersebut Sanggar seni tersebut selain melatih anak-anak menari juga mengajarkan membuat beberapa kerajinan tangan dari barang bekas secara gratis. Shinta sangat senang belajar di sanggar seni tersebut, sebab selain ia dapat memperoleh keterampilan menari juga menghasilkan barang-barang kerajinan daur ulang yang dapat dijual dan mendapat uang untuk membantu ayahnya. Sumber: Jatu Prahma. 2021. Cerpen "Ayahku Pahlawanku". 34. Tuliskan 3 fungsi lembaga keluarga yang terdapat dalam penggalan cerpen tersebut! (tunjukkan bagian kalimat dalam penggalan cerpen yang mendukung jawaban)!
Jawaban:
1) lembaga sosial = mudah bergaul dengan teman lingkungan sekitar nya dan tidak malu dengan kehidupan ekonomi nya yang sulit
2) lembaga pengawas untuk segala tindakan dan perilaku anggota keluarga = Shinta rajin beribadah tepat waktu dan selalu berdoa walau pun dalam keadaan sulit.
3) lembaga memberikan cinta dan kasih sayang antar sesama manusia = Shinta menjadi siswi yang cerdas dan selalu mendapatkan beasiswa di sekolah terfavorit di kecamatan Sukamakmur
Penjelasan:
semoga membantu<3
Jawaban:
huhuuಥ_ಥ
ceritanya nyesek kakakk
Penjelasan:
3fungsi lembaga keluarga
sebenernyabuanyakk
sebelum itu apa itu lembaga keluarga
lembaga keluarga adalah proses pengenalan jati diri seorang anak pertama kalinya.
yakk,jadi peran keluarga sangat penting bagi proses perkembangan jati diri seorang anak.
3fungsi lembaga keluargadari ceritadiatas:
•Fungsi Pendidikan
Shinta merupakan siswi cerdas yang mendapatkan beasiswa di sekolah terfavorit di kecamatan Sukamakmur.Ayahnya selalu berusaha agar Shinta memperoleh pendidikan terbaik meski dalam kondisi yang sulit sekalipun.
•Fungsi Agama
Ayah Shinta selalu memberikan nasehat untuk selalu berdoa dan berjuang meski dalam kondisi sesulit apapun.
•Fungsi Ekonomi
Ayah Shinta bekerja sebagai buruh di sebuah pertokoan, ia sangat rajin bekerja demi menghidupi dan memenuhi kebutuhan pokok putri semata wayangnya.
7. ''Mir, sudahlah aku tidak ikut. Aku tidak mau ibu bapakku bertengkar gara-garaku," |ujar Kutim."Jangan cengeng gitu dong Tim. Sudah izinkan aku besok menjelaskan ini kepada ibubapakmu," kata Tamir berusaha menjadi pahlawan."Nggak, usah, Mir. Ini urusan keluargaku," lanjut Kutim.Mendengar jawaban itu cep mereka berhenti berbicara. Tamir, Rasedi, dan Tartonotidak menyangka temannya, Kutim menghadapi persoalan pelik begini.Empat sekawan berencana mendaki Gunung Ciremai dari Cilimus, Linggarjati, terusnaik ke Gunung Ciremai."Begini saja, saya putuskan pendakian ke gunung dipending besok kita bcarakan lagidengan kepala dingin" kata Rasedi memutuskan. Tamir, Tartono, dan Kutim hanyasaling berpandangan, tetapi tidak ada yang berani membantah.Kutipan cerpen di atas merupakan struktur bagian....
Jawaban:
Evaluasi
▃▄▅⚞───★───⚟▅▄▃
8. Bacalah penggalan cerpen di bawah ini :Namanya Aini. Usianya baru empat belas. Hampir semua teman menyukainya. Dia ramah, sering berbagi, cerdas, dan tidak pilih pilih teman. Sebelum ia sekolah, ia membantu ibunya mengolah adonan kue lalu menitipkan kue dagangannya ke beberapa warung yang dilaluinya saat menuju sekolah. Ia sudah bisa membantu keuangan keluarga. Ia bagaikan pahlawan bagi ibu dan kedua adiknya.Gaya bahasa yang digunakan pada cerpen di atas adalah..
Jawaban:
karangan narasi
Penjelasan:
maaf klo salah
9. A. Cuplikan teks manakan yang merupakan bagian dari teks cerita fantasi! 1. Katanya kerap kali sang dewi turun ke bumi untuk membantu manusia yang sedang kesusahan. Ia pun mulai berharap supaya ia bisa bertemu dengan sang dewi dan meminta ia sembuh penyakitnya dan kembali menjadi cantik. Namun ia juga sadar bahwa itu hanyalah dongeng belaka yang sering diceritakan orang tua supaya putrinya bisa secantik sang dewi. Ia pun merasa sedih dan mengubur harapannya dalam-dalam untuk bisa menjadi cantik. Sesungguhnya Candra Jelita adalah seorang gadis yang penyabar, lembut, baik hati, dan juga suka melolong. 2. Lantai kelas dilapisi oleh keramik putih yang sangat bersih dan mengkilap. Tidak hanya bersih, kelas kami juga sangat lengkap. Kami mempunyai 31 buah kursi dan meja, di depannya terdapat 2 buah papan tulis putih yang besar. Di samping kiri papan tulis terdapat meja guru dan lemari besar. Di dinding kelas yang berwarna putih dan bersih juga dihiasi oleh gambar para pahlawan, foto presiden, pancasila dan kata-kata mutiara. Di dinding belakang kelas juga terdapat sebuah mading yang dihiasi dengan pantun, puisi, dan kata-kata mutiara karya kami semua. 3. Bondan suka sekali membaca buku. Dia tidak mau diganggu. Setiap sore, ia selalu mencoba menulis pada secarik kertas. Di ruang belajarnya terdapat tumpukan kertas yang berisi tulisan. Ternyata yang ditulis adalah sebuah cerpen. 4. Ketika jam berdentang pada tengah malam ia pun terkejut dan baru sadar bahwa ia harus segera pulang. Kemudian ia langsung berlari meninggalkan istana dan meninggalkan pangeran begitu saja. Kekuatan sihir yang diberikan ibu peri semakin menghilang, pakaian yang ia gunakan juga sudah berubah, ketika ia melewati tangga sepatu kacanya terlepas satu. Ia terus berlari dan menaiki keretanya yang belum berubah, tetapi seiring di jalan juga mulai berubah satu persatu, dan ia pun pulang dengan berjalan kaki. 5. Saat Momo memasuki gudang, ia bingung harus bersembunyi dimana lagi. Kemudian ia melihat sebuah peti berukuran cukup besar. Momo kemudian memasuki peti tersebut dan mulai bersembunyi. Momo merasa sudah sangat lama didalam peti itu dan adiknya tidak kunjung menemukannya. Akhirnya Momo memutuskan untuk keluar dari peti untuk menyerah kepada adikknya. Tetapi, alangkah kagetnya Momo saat mendapati ia keluar gudang, tetapi gudang itu berubah menjadi perkebunan yang luas dan sepi serta gelap.
Jawaban:
1. Katanya kerap kali sang dewi turun ke bumi untuk membantu manusia yang sedang kesusahan. Ia pun mulai berharap supaya ia bisa bertemu dengan sang dewi dan meminta ia sembuh penyakitnya dan kembali menjadi cantik. Namun ia juga sadar bahwa itu hanyalah dongeng belaka yang sering diceritakan orang tua supaya putrinya bisa secantik sang dewi. Ia pun merasa sedih dan mengubur harapannya dalam-dalam untuk bisa menjadi cantik. Sesungguhnya Candra Jelita adalah seorang gadis yang penyabar, lembut, baik hati, dan juga suka melolong.
Semogamembantu:)
10. 1. Buku yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari…. a. Buku b. Buku fiksi c. Buku nonfiksi d. Buku pengayaan2. Buku nonfiksi dibuat berdasarkan…., realita atau hal-hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. a. Opini b. Pendapat c. Pandangan seseorang d. Fakta3. Salah satu contoh dari buku nonfiksi adalah…. a. Buku biografi b. Cerpen c. Novel d. Puisi4. Ada banyak jenis buku di Indonesia. Mulai dari buku fiksi yang menghibur hingga buku nonfiksi yang banyak memberikan …. bagi para pembacanya. a. Pengetahuan b. Nilai kehidupan c. Pelajaran hidup d. Motivasi5. Setiap pembaca diberi kebebasan untuk menikmati setiap karya, baik buku fiksi maupun nonfiksi yang disesuaikan dengan…. a. Hobi dan kebutuhan b. Kebutuhan c. Hobi d. Peluang6. Buku nonfiksi lebih populer di kalangan pembaca yang tidak terlalu hobi membaca, karna mereka membeli buku-buku tersebut terdesak oleh…. a. Minat baca b. Keutuhan dan pengetahuan c. Keinginan d. Kemauan untuk membaca7. Berikut ini termasuk jenis-jenis buku fiksi, kecuali…. a. Buku motivasi b. Novel c. Cerpen d. Drama8. Baik buku fiksi maupun nonfiksi memiliki tujuan sendiri untuk disampaikan kepada pembacanya, seperti saat membaca buku budidaya akan memberikan keterampilan khusus kepada…. a. Masyarakat b. Pembacanya c. Pendengar d. Penulis9. Kegiatan mengkaji struktur dan bahasa teks secara mendalam. Pernyataan tersebut merupakan definisi dari…. a. Membaca b. Mengabtraksi c. Menganalisis d. MenelaahPerhatikan kutipan biografi berikut!10. Raden Ajeng Kartini atau lebih dikenal dengan Ibu katini merupakan keturunan keluatga terpandang Jawa. Dia lair 21 April 1879, di mana adat istiadat masih kukuh dipegang oleh masyarakat, termasuk keluarganya. Satu hal yang diwariskan dari keluarganya adalah pendidikan.Kutipan biografi R.A Kartini tersebut termasuk bagian dari…. a. Orientasi b. Permasalahan c. Puncak konflik d. Peristiwa dana masalah11. Berikut yang termasuk bagian reorientasi pada kutipan-kutipan biografi R.A. Kartini adalah…. a. Raden Ajeng Kartini atau lebih dikenal Ibu Kartini merupakan keturunan keluarga terpandang Jawa. Dia lahir 21 April 1879, dimana adat istiadat masih kukuh dipegang oleh masyarakat, termasuk keluarganya. b. Kartini menghabiskan sebagian besar waktunya untuk membaca buku ilmu pengetahuan. Kesukaannya membaca ini berubah menjadi rutinitas harian. Bahkan, dia tidak segan untuk bertanya kepada ayahnya bila ada hal yang tidaj dimengertinya. Lambat laun pengetahuannya bertambah dan wawasannya pun meluas. c. Dalam pandangannya, wanita tidak hanya harus bisa urusan “belakang” rumah tangga saja. Lebih dari itu, wanita juga harus punya wawasan dan ilmu yang luas. Dia pun mulai bergerak mengumpulkan teman-teman wanitanya untuk diajari baca tulis dan pengetahuan lainnya. Makin hari, Kartini makin disibukkan dengan aktifitas membaca dan mengajarnya. d. Sesuai keppres No. 10 Tahun 1964 pada 2 Mei 1964, Kartini resmi degelari pahlawan nasional oleh pemerintah Indonesia. Keppres ini juga menetapkan tanggal 21 April sebagai Hari Kartini.12. Setiap buku, baik fiksi maupun nonfiksi yang sudah dibaca dapat kamu analisis berdasarkan…. a. Struktur dan kebahasaan b. Nilai dan kehidupan c. Intrinsik dan ekstrinsik d. Kebahasaan dan unsurPerhatikan kutipan cerpen berikut!13. Sehabis menggendong Tamara punggungku rasanya ingin copot. Bener juga kata Tamara badannya berat. Tapi, tidak apalah daripada sahabat aku Tamara gak pulang ke rumah. Nilai yang terkandung Dari kutipan cerpen tersebut adalah…. a. Nilai pendidikan b. Nilai buadaya c. Nilai sosial d. Nilai agama14. Berbagai jenis buku fiksi dan nonfiksi dapat kita replikasi dalam bentuk…. a. Artikel b. Sinopsis c. Resensi d. Prosa15. Resensi adalah kegiatan untuk mengulas atau menilai sebuah…. a. Keterampilan b. Karya c. Kerajianan d. Nilai
Jawaban:
1. B
2. D
3. A
4. B
5. A
6. B
7. A
8. A
9. B
10. C
#Jika ini dapat membantumu, jadikanlah sebagai jawaban tercerdas dgn mengklik gmbr mahkota.
Penjelasan:
B D A D A B A B C A D C C C B
11. 1. Buku yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari.... a. Buku b. Buku fiksi c. Buku nonfiksi d. Buku pengayaan 2. Buku nonfiksi dibuat berdasarkan...., realita, atau hal-hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. a. Opini b. Pendapat c. Pandangan seseorang d. Fakta 3. Salah satu contoh dari buku nonfiksi adalah.... a. Buku biografi b. Cerpen c. Novel d. Puisi 4. Ada banyak jenis buku di Indonesia. Mulai dari buku fiksi yang menghibur hingga buku nonfiksi yang banyak memberikan .... bagi para pembacanya. a. Pengetahuan b. Nilai keidupan c. Pelajaran hidup d. Motivasi 5. Setiap pembaca diberi kebebsan untuk menikmati setiap karya, baik buku fiksi maupun nonfiksi yang disesuaikan dengan.... a. Hobi dan kebutuhan b. Kebutuhan c. Hobi d. Peluang 6. Buku nonfiksi lebih populer dikalangan pembaca yang tidak terlalu hobi membaca, karna mereka membeli buku-buku tersebut terdesak oleh.... a. Minat baca b. Kebutuhan dan pengetahuan c. Keinginan d. Kemauan untuk membaca 7. Berikut ini termasuk jenis-jenis buku fiksi, kecuali.... a. Buku motivasi b. Novel c. Cerpen d. Drama 8. Baik buku fiksi maupun nonfiksi memiliki tujuan sendiri untuk disampaikan kepada pembacanya, seperti saat membaca buku budidaya akan memberikan keterampilan khusus kepada.... a. Masyarakat b. Pembacanya c. Pendengar d. Penulis 9. Kegiatan mengkaji struktur dan bahasa teks secara mendalam. Pernyataan tersebut merupakan definisi dari.... a. Membaca b. Mengabtraksi c. Menganalisis d. Menelaah 10. Perhatikan kutipan biografi berikut! Raden Ajeng Kartini atau lebih dikenal dengan Ibu katini merupakan keturunan keluarga terpandang Jawa. Dia lahir 21 April 1879, di mana adat istiadat masih kukuh dipegang oleh masyarakat, termasuk keluarganya. Satu hal yang diwariskan dari keluarganya adalah pendidikan. Kutipan biografi R.A Kartini tersebut termasuk bagian dari.... a. Orientasi b. Permasalahan c. Puncak konflik d. Peristiwa dana masalah 11. Berikut yang termasuk bagian reorientasi pada kutipan-kutipan biografi R.A. Kartini adalah.... a. Raden Ajeng Kartini atau lebih dikenal Ibu Kartini merupakan keturunan keluarga terpandang Jawa. Dia lahir 21 April 1879, dimana adat istiadat masih kukuh dipegang oleh masyarakat, termasuk keluarganya. b. Kartini menghabiskan sebagian besar waktunya untuk membaca buku ilmu pengetahuan. Kesukaannya membaca ini berubah menjadi rutinitas harian. Bahkan, dia tidak segan untuk bertanya kepada ayahnya bila ada hal yang tidaj dimengertinya. Lambat laun pengetahuannya bertambah dan wawasannya pun meluas. c. Dalam pandangannya, wanita tidak hanya harus bisa urusan “belakang” rumah tangga saja. Lebih dari itu, wanita juga harus punya wawasan dan ilmu yang luas. Dia pun mulai bergerak mengumpulkan teman-teman wanitanya untuk diajari baca tulis dan pengetahuan lainnya. Makin hari, Kartini makin disibukkan dengan aktifitas membaca dan mengajarnya. d. Sesuai keppres No. 10 Tahun 1964 pada 2 Mei 1964, Kartini resmi degelari pahlawan nasional oleh pemerintah Indonesia. Keppres ini juga menetapkan tanggal 21 April sebagai Hari Kartini. 12. Setiap buku, baik fiksi maupun nonfiksi yang sudah dibaca dapat kamu analisis berdasarkan.... a. Struktur dan kebahasaan b. Nilai dan kehidupan c. Intrinsik dan ekstrinsik d. Kebahasaan dan unsur 13. Perhatikan kutipan cerpen berikut! Sehabis menggendong Tamara punggungku rasanya ingin copot. Bener juga kata Tamara badannya berat. Tapi, tidak apalah daripada sahabat aku Tamara gak pulang ke rumah. Nilai yang terkandung Dari kutipan cerpen tersebut adalah.... a. Nilai pendidikan b. Nilai buadaya c. Nilai sosial d. Nilai agama 14. Berbagai jenis buku fiksi dan nonfiksi dapat kita replikasi dalam bentuk.... a. Artikel b. Sinopsis c. Resensi d. Prosa 15. Resensi adalah kegiatan untuk mengulas atau menilai sebuah.... a. Keterampilan b. Karya c. Kerajinan d. Nilai 16. Biasanya buku-buku nonfiksi dibuat oleh.... dibidangnya yang ingin menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. a. Perorangan b. Profesional c. Masyarakat umum d. Penulis 17. Berikut ini termasuk tujuan yang ingin dicapai dari pembuatan resensi buku fiksi dan buku nonfiksi, kecuali..... a. Membantu pembaca mengetahui gambaran dan penilaian umum dari sebuah buku atau hasil karya lainnya secara ringkas. b. Mengetahui kelebihan dan kelemahan buku yang diresensi. c. Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan. d. Memberi penilaian pada karya yang dibuat sendiri. 18. Buku motivasi biasanya dibuat oleh.... a. Motivator b. Editor c. Komentator d. Pengamat 19. Novel termasuk dalam jenis buku.... a. Fiksi b. Nonfiksi c. Bacaan d. Teks pelajaran 20. Buku nonfiksi tentang bisnis biasanya dibuat oleh.... a. Komentator b. Editor c. Pembisnis sukses d. Penulis buku
Jawaban:1.B
2.D
3.A
4.A(klo gk salah)
5.A
6.gk tau
7,A
8.B
9.C / D
10.A
sepuluh dulu ya....
Penjelasan:
s
12. Raden Adjeng Kartini adalah pahlawan nasional Indonesia yang lahir di Jepara, Hindia Belanda, pada tanggal 21 April 1879 dan meninggal di Rembang, Hindia Belanda, pada tanggal 17 September 1904 pada usia yang masih muda yaitu 25 tahun. Nama lainnya biasa disebut dengan Raden Ayu Kartini. Tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari tanah Jawa ini dikenal sebagai pelopor kebangkitan wanita pribumi atau disebut dengan feminisme. Raden Ajeng Kartini merupakan seorang wanita yang berasal dari kelas bangsawan Jawa. Nama ayah Kartini adalah Ario Sosroningrat. Saat itu, Ario Sosroningrat adalah seorang patih yang diangkat menjadi bupati Jepara segera ketika Kartini lahir. Ibunda dari Kartini adalah putri dari istri pertama sang bangsawan, tetapi bukan istri utama. Ibunya bernama M.A. Ngasirah, anak dari Kyai Haji Madirono dan Nyai Haji Siti Aminah. Keduanya adalah tokoh agama di Telukawur, Jepara. Silsilah Kartini bisa ditelusuri hingga Hamengkubuwono VI. Lebih dari itu, Garis kebangsawanan Bupati Sosroningrat dapat dilacak kembali ke para bangsawan dari istana Kerajaan Majapahit. Sejak Pangeran Dangirin menjabat sebagai bupati di Surabaya pada abad ke-18, leluhur Sosroningrat menjabat banyak posisi berpengaruh di Pangreh Praja.Ayah Kartini dulunya adalah seorang wedana di Mayong. Peraturan Hindia Belanda waktu itu mewajibkan seorang bupati agar beristrikan seorang bangsawan. Karena M.A. Ngasirah tidak memiliki garis bangsawan tinggi, maka ayah Kartini menikah lagi dengan Raden Adjeng Woerjan yang merupakam keturunan langsung dari Raja Madura. Setelah pernikahan itu, maka ayah Kartini berhasil menjadi bupati di Jepara. Menggantikan kedudukan ayah kandung R.A. Woerjan yang bernama R.A.A. Tjitrowikromo.Kartini adalah anak kelima dari sebelas bersaudara kandung dan tiri. Dari semua saudara sekandung, Kartini merupakan kakak perempuan tertua. Kakek dari Kartini yang bernama Pangeran Ario Tjondronegoro IV, diangkat menjadi bupati ketika usia 25 tahun dan terkenal pada pertengahan abad ke-19 sebagai salah satu bupati yang memberi pendidikan khas Barat kepada anak-anaknya. Kakak Kartini yang bernama Sosrokartono adalah seorang yang pandai dalam berbahasa. Sampai usia dua belas tahun, Kartini mengenyam pendidikan di ELS (Europese Lagere School). Salah satu pelajaran yang dipelajari oleh Kartini adalah bahasa Belanda. Tetapi setelah usia dua belas tahun, Kartini dilarang meninggalkan rumah karena sudah bisa dipingit.Karena Kartini fasih dalam Bahasa Belanda, maka di hari-hari pingitnya, ia mulai belajar sendiri dan mengirim surat kepada teman-teman korespondensinya yang berasal dari Belanda. Salah satu sahabatnya adalah Rosa Abendanon yang banyak mendukungnya. Dari koran, buku-buku dan majalah Eropa, Kartini mulai tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa atau feminisme modern. Timbul cita-citanya untuk memajukan pemikiran perempuan pribumi, karena menurutnya, perempuan pribumi di era Hindia Belanda berada pada status sosial yang cukup rendah.Pada tahun 1903 saat Kartini berusia sekitar 24 tahun, impian untuk meneruskan studi menjadi guru di tanah Betawi pun sudah sirna. Dalam sebuah surat kepada Nyonya Abendanon, Kartini berkata bahwa dirinya tidak berniat lagi untuk meneruskan studi karena ia sudah akan menikah. Padahal waktu itu pihak departemen pendidikan di Belanda sudah membuka peluang untuk Kartini dan Rukmini agar bisa belajar di Betawi. Saat menjelang hari pernikahannya, penilaian Kartini terhadap nilai-nilai di adat Jawa mulai melunak dan menjadi lebih toleran. Ia berpendapat bahwa pernikahan akan memberikan berkah tersendiri agar bisa mewujudkan impian untuk mendirikan sekolah bagi para perempuan pribumi di era Hindia Belanda. Dalam suratnya, Kartini menceritakan bahwa suaminya tidak hanya mendukung keinginannya untuk memajukan ukiran khas Jepara dan sekolah bagi perempuan pribumi saja, tetapi juga menceritakan agar Kartini bisa menulis sebuah buku yang menarik.1. siapakah tokoh yang dibahas dalam biografi tersebut?2. permasalahan apa yang dihadapi tokoh tersebut?3. bagaimana cara tokoh tersebut memecahkan permasalahan hingga mencapai keberhasilan?4. hal apakah yang menarik dari tokoh tersebut?5. hal apakah yang dapat diteladani dari tokoh tersebut?6. mengapa teks tersebut disebut biografi?7. dilihat dari isinya, apa yang membedakan teks tersebut dengan teks cerita ulang lainnya (cerpen dan cerita rakyat)?#bantu jawab yaa plis!!
Jawaban:
1. R.A Kartini
2. Budaya patriarki yang di mana ia merasa keinginannya untuk maju dalam hal pendidikan dihalangi oleh pandangan masyarakat yang dianut turun temurun
3. Dengan mendirikan sekolah bagi para perempuan pribumi di era Hindia Belanda.
4. R. A Kartini merupakan seorang yang cerdas, tak hanya bagi ia sendiri, juga peduli dengan perempuan-perempuan pribumi untuk mendapatkan hak-hak mereka
5. Semangat dalam meraih perjuangan yang kita inginkan
6. Karena teks tersebut berisi tentang riwayat salah satu tokoh ternama
7. Teks Biografi berisi riwayat seorang tokoh ternama dengan lengkap, sementara teks cerita ulang hanya menceritakan salah satu peristiwa saja
Penjelasan:
semoga membantu :)
13. 6. Perhatikan kutipan berikut!Saya memang tidak mempahami dunia Bapak dan Ibu. Namun, kehilangan masa depan yang cerah tentu tidak akan sama dengan kekalahan pada pemilu atau rugi dalam perdagangan. Saya berbicara demikian tidak hanya mewakili saya, tapi juga generasi Bapak dan Ibu nantinya.Alasan kesalahan kutipan tersebut adalah ...A. Pronomina yang digunakan adalah orang pertama tunggal.B. Kata hubung pada kalimat kedua bukan kata hubung antarkalimat.C. Kata atau tidak tepat untuk menghubungkan dua kata yang sejajar.D. Kalimat pertama memiliki kata berimbuhan yang tidak baku.7. Perhatikan kutipan berikut!Kita paham bahwa pengolahan plastik yang tidak tepat akan menghancurkan diri kita sendiri. Selain itu, pengolahan plastik tidak standar tentu akan merugikan perusahaan maupun orangorang yang bekerja.Kaidah kebahasaan teks pidato persuasif pada kutipan tersebut adalah ....A. Menggunakan kata kerja pasif.B. Menggunakan kata ganti orang ketiga tunggal.C. Menggunakan kata emotif.D. Menggunakan kata kerja mental.8. Perhatikan ilustrasi berikut ini!Sekolah kami mengadakan peringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei besok. Acara digelar di halaman sekolah. Untuk memeriahkan acara, OSIS mengadakan pameran berbagai karya siswa, seperti poster, kumpulan puisi, cerpen, majalah dinding, lukisan, dan masih banyak lagi hasil karya yang lain.Sebelum acara resmi dibuka, Ketua OSIS memberikan sambutan.Kalimat pembuka sambutan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah……..A. Teman-teman saya, Bapak dan Ibu guru yang berbahagia, marilah kita sambut acara peringatan ini dengan rasa gembira, inilah karya teman-teman kita, yang sangat bernilai sebab merekalah yang membuatnya.B. Tak lupa kami mengucapkan selamat berkumpul di lapangan ini sambil menikmati karya teman-teman kita semua, tetapi terlebih dahulu kita haruslah bersyukur kepada Tuhan karena telah berkumpul disini dengan izin-Nya.C. Tidak ada yang pantas saya ucapkan selain puji syukur kepada Tuhan yang telah mengizinkan kita berkumpul di sini guna untuk memperingati acara bersejarah ini.D. Bapak-bapak, Ibu-ibu, teman-teman yang berbahagia, puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan karena karunia-Nya kita dapat berkumpul di sini untuk memperingati hari bersejarah, yaitu hari pendidikan Nasional9. Seminggu sekali saya meminjam novel remaja di perpustakaan.Kalimat yang berpola sama dengan kalimat tersebut adalah…..A. Tiap minggu, adik menari jangger Bali di sanggar modernB. Dua hari yang lalu, dia menangis tersedu-sedu di rumah bibiC. Kamis minggu depan, saya akan menggali bersama-sama di kebun.D. Setiap hari Selasa , Anwar mengendarai motor ke kantor.10. Kami mengucapkan terima kasih kepada para undangan yang mana telah bersedia untuk memenuhi undangan kamiPenggunaan kata yang mana dalam kalimat di atas mengakibatkan kalimat itu menjadi kalimat yang tidak baku. Kata yang mana sebaiknya …A. dihilangkan dari kalimat ituB. tetap dipertahankan seperti ituC. ditambah dengan kata hadirinD. diganti dengan kata yang11. Kalimat pengantar yang tepat untuk mengawali pembacaan naskah pidato adalah…..A. Hadirin yang saya hormati, izinkan menyampaikan pidato yang berjudulB. Hadirin yang saya hormati, untuk menghemat waktu, baiklah saya akan bacaankan pidato ini.C. Hadirin yang saya hormati, berikut ini saya sampaikan pidato Bapak……D. Hadirin yang saya hormati, saya akan menyampaikan pidato yang ditulis oleh Bapak……12. Perhatikan ilustrasi berikut ini!Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, Kepala Dinas Pendidikan mengundang guru-guru, termasuk pula masyarakat sekitar untuk mengenang jasa-jasa Ki Hajar Dewantoro.Pembuka pidato yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah .…A. Saudara sekalian, khususnya para pendidik yang berbahagia, kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena pada saat ini kita dapat berkumpul untuk memperingati jasa-jasa pahlawan nasional, Bapak Ki Hajar Dewantoro yang telah berjuang memerangi kebodohan rakyat Indonesia.B. Akhirnya marilah pada kesempatan ini kita mengheningkan cipta dan berdoa agar arwah almarhum KI Hajar Dewantoro diterima dan ditempatkan di sisi-Nya.C. Saudara-saudara, perkenankanlah saya mengulangi kembali tentang sikap dan sifat Ki Hajar Dewantoro yang banyak berjasa kepada bangsa Indonesia.D. Hari ini tanggal 2 Mei merupakan hari peringatan kelahiran Bapak Ki Hajar Dewantoro sebagai bapak pendidikan nasional Indonesia, marilah kita awali acara ini dengan pembukaan dan membaca basmallah bersama-sama.plisss di kumpulkan hari ini:))
Jawaban:
8.D
9.D
10.A
11.A
12.D
Penjelasan:
maaf klo slh..
14. Namaku Nina. Nina adalah nama panggilan vang kerap dilekatkan orang terdekatku. Hanya orang yang masuk katagori dekat yang tahu dan memanggilku dengan nama ini. Aku seorang perempuan yang memiliki banyak keinginan dan mimpi dalam hidup. Cita cita yang jamak dimiliki oleh banyak perempuan- perempuan lain di muka bumi ini. Tak ingin hanya berperan sebagai perempuan konfensional dan terperangkap dalam tugas-tugas sebagai ibu rumah tangga. Itu buk mau ku. tipe ku dan bukanAku ingin sebagai seorang perempuan yang juga berstatus sebagai seorang isteri dan ibu memiliki kesempatan dan peran diranah publik bukan hanya diranah domestik. Memiliki banyak peran dan manpaat bagi orang banyak. Tidak hanya bisa mengagungkan Raden Ajeng Kartini sebagai pahlawan perempuan yang bisa memperjuangkan emansipasi wanita, namun saya juga bisa membuktikan bahwa menjadi perempuan yang bisa mengeksplorasi kemampuan dan keahlian yang saya miliki sebagai anugrah yang Tuhan berikan.1.tema apa yg di angkat dalam cerpen tersebut2.Bagaiman struktur alur yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut?
Jawaban:
1. Apakah tema yang diangkat dalam kutipan cerpen tersebut?
Tema yang diangkat oleh penulis adalah Cita-cita
2. Bagaimana sudut pandang yang digunakan dalam kutipan cerpen tersebut?
Sudut pandang orang pertama. Karena tokoh pertama dituliskan dengan subjek “Aku”
Penjelasan:
-
15. "Ini dia orangnya! la adalah suamiku, namun sejak kugali mayat anakku ini, ia telah kuceraikan. Semalam ia telah bercerita panjang lebar tentang garis depan Akhirnya ia pulang membawa tipuan-tipuan buat kita. Mayat anakku ini sama sekali bukan pahlawan. Dan seandainya ia sanggup bangun, dia akan berkata kepada kita bahwa ia tidak ingin jadi pahlawan. Aku tahu tabiat anak-anakku Dialah! Orang laki-laki yang membikinnya jadi pahlawan! Dia membunuhnyal Dia menipu kita" jerit Sumirat sambil menunjuk-nunjuk suaminya yang pucat pasi di pojokan rumah.Isi tersurat kutipan cerpen tersebut adalah....A Perjuangan yang memakan korban jiwaB Sorang ayah yang membunuh anaknyaC Seorang ibu yang kehilangan anaknya D. Perkelahian antara ayah dan anaknya
Jawaban:
A. Perjuangan yang memakan korban jiwa
Penjelasan:
maaf klo Salah ya:)
16. Raden Adjeng Kartini adalah pahlawan nasional Indonesia yang lahir di Jepara, Hindia Belanda, pada tanggal 21 April 1879 dan meninggal di Rembang, Hindia Belanda, pada tanggal 17 September 1904 pada usia yang masih muda yaitu 25 tahun. Nama lainnya biasa disebut dengan Raden Ayu Kartini. Tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari tanah Jawa ini dikenal sebagai pelopor kebangkitan wanita pribumi atau disebut dengan feminisme.Raden Ajeng Kartini merupakan seorang wanita yang berasal dari kelas bangsawan Jawa. Nama ayah Kartini adalah Ario Sosroningrat. Saat itu, Ario Sosroningrat adalah seorang patih yang diangkat menjadi bupati Jepara segera ketika Kartini lahir. Ibunda dari Kartini adalah putri dari istri pertama sang bangsawan, tetapi bukan istri utama. Ibunya bernama M.A. Ngasirah, anak dari Kyai Haji Madirono dan Nyai Haji Siti Aminah. Keduanya adalah tokoh agama di Telukawur, Jepara. Silsilah Kartini bisa ditelusuri hingga Hamengkubuwono VI. Lebih dari itu, Garis kebangsawanan Bupati Sosroningrat dapat dilacak kembali ke para bangsawan dari istana Kerajaan Majapahit. Sejak Pangeran Dangirin menjabat sebagai bupati di Surabaya pada abad ke-18, leluhur Sosroningrat menjabat banyak posisi berpengaruh di Pangreh Praja.Ayah Kartini dulunya adalah seorang wedana di Mayong. Peraturan Hindia Belanda waktu itu mewajibkan seorang bupati agar beristrikan seorang bangsawan. Karena M.A. Ngasirah tidak memiliki garis bangsawan tinggi, maka ayah Kartini menikah lagi dengan Raden Adjeng Woerjan yang merupakam keturunan langsung dari Raja Madura. Setelah pernikahan itu, maka ayah Kartini berhasil menjadi bupati di Jepara. Menggantikan kedudukan ayah kandung R.A. Woerjan yang bernama R.A.A. Tjitrowikromo.Kartini adalah anak kelima dari sebelas bersaudara kandung dan tiri. Dari semua saudara sekandung, Kartini merupakan kakak perempuan tertua. Kakek dari Kartini yang bernama Pangeran Ario Tjondronegoro IV, diangkat menjadi bupati ketika usia 25 tahun dan terkenal pada pertengahan abad ke-19 sebagai salah satu bupati yang memberi pendidikan khas Barat kepada anak-anaknya. Kakak Kartini yang bernama Sosrokartono adalah seorang yang pandai dalam berbahasa. Sampai usia dua belas tahun, Kartini mengenyam pendidikan di ELS (Europese Lagere School). Salah satu pelajaran yang dipelajari oleh Kartini adalah bahasa Belanda. Tetapi setelah usia dua belas tahun, Kartini dilarang meninggalkan rumah karena sudah bisa dipingit.Karena Kartini fasih dalam Bahasa Belanda, maka di hari-hari pingitnya, ia mulai belajar sendiri dan mengirim surat kepada teman-teman korespondensinya yang berasal dari Belanda. Salah satu sahabatnya adalah Rosa Abendanon yang banyak mendukungnya. Dari koran, buku-buku dan majalah Eropa, Kartini mulai tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa atau feminisme modern. Timbul cita-citanya untuk memajukan pemikiran perempuan pribumi, karena menurutnya, perempuan pribumi di era Hindia Belanda berada pada status sosial yang cukup rendah.Pada tahun 1903 saat Kartini berusia sekitar 24 tahun, impian untuk meneruskan studi menjadi guru di tanah Betawi pun sudah sirna. Dalam sebuah surat kepada Nyonya Abendanon, Kartini berkata bahwa dirinya tidak berniat lagi untuk meneruskan studi karena ia sudah akan menikah. Padahal waktu itu pihak departemen pendidikan di Belanda sudah membuka peluang untuk Kartini dan Rukmini agar bisa belajar di Betawi.Saat menjelang hari pernikahannya, penilaian Kartini terhadap nilai-nilai di adat Jawa mulai melunak dan menjadi lebih toleran. Ia berpendapat bahwa pernikahan akan memberikan berkah tersendiri agar bisa mewujudkan impian untuk mendirikan sekolah bagi para perempuan pribumi di era Hindia Belanda. Dalam suratnya, Kartini menceritakan bahwa suaminya tidak hanya mendukung keinginannya untuk memajukan ukiran khas Jepara dan sekolah bagi perempuan pribumi saja, tetapi juga menceritakan agar Kartini bisa menulis sebuah buku yang menarik.1. siapakah tokoh yang dibahas dalam biografi tersebut?2. permasalahan apa yang dihadapi tokoh tersebut?3. bagaimana cara tokoh tersebut memecahkan permasalahan hingga mencapai keberhasilan?4. hal apakah yang menarik dari tokoh tersebut?5. hal apakah yang dapat diteladani dari tokoh tersebut?6. mengapa teks tersebut disebut biografi?7. dilihat dari isinya, apa yang membedakan teks tersebut dengan teks cerita ulang lainnya (cerpen dan cerita rakyat)?#bantu jawab yaa plis!!
Jawaban:
1. R.A Kartini
2. Setelah usia dua belas tahun, Kartini dilarang meninggalkan rumah karena sudah bisa dipingit.
3. Karena Kartini fasih dalam Bahasa Belanda, maka di hari-hari pingitnya, ia mulai belajar sendiri dan mengirim surat kepada teman-teman korespondensinya yang berasal dari Belanda. Dari koran, buku-buku dan majalah Eropa, Kartini mulai tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa atau feminisme modern.
4. Cita-citanya untuk memajukan pemikiran perempuan pribumi, karena menurutnya, perempuan pribumi di era Hindia Belanda berada pada status sosial yang cukup rendah.
5. Keinginannya untuk belajar, memperjuangkan hak-hak perempuan, mendorong perempuan-peremuan untuk sekolah dan belajar.
6. Karena, berisi tentang riwayat hidup seorang seseorang yaitu R.A Kartini
7. Biografi dapat berbentuk beberapa baris kalimat saja, namun juga dapat berupa lebih dari satu buku.
Semoga membantu, semangatt!
0 Comments