Materi Bahasa Jawa Kelas 1 Sd


Materi Bahasa Jawa Kelas 1 Sd

-|Quiz Quiz Quiz|-________________________Mapel : Bahasa JawaKelas : 4 SDMateri : Tembung saroja________________________-----------------------------------------------*Soal nomor 1 Sampai 10 ada di gambar----------------------------------------------*Jangan lihat Google*Jangan Copas*Jangan ngawur*Salah auto report*Ini tugas saya*Follow saya agar tidak ketinggalan Quiz dan agar bisa membantu saya*20 poin________________________•°Thanks°•#SalingMembantu​

Daftar Isi

1. -|Quiz Quiz Quiz|-________________________Mapel : Bahasa JawaKelas : 4 SDMateri : Tembung saroja________________________-----------------------------------------------*Soal nomor 1 Sampai 10 ada di gambar----------------------------------------------*Jangan lihat Google*Jangan Copas*Jangan ngawur*Salah auto report*Ini tugas saya*Follow saya agar tidak ketinggalan Quiz dan agar bisa membantu saya*20 poin________________________•°Thanks°•#SalingMembantu​


Jawaban:

ini kak jawaban nya semoga membantu maaf klo nggk jelas


2. 1. Bu Dea guru kelas 4 di SD ”X” Propinsi Jawa Barat melaksanakan pembelajaran berdasarkan Tema/Subtema serta cakupan mata pelajaran sesuai dengan yang dimuat pada kurikulum 2013. Temanya ”indahnya kebersamaan” sub tema ”keberagaman budaya bangsaku” . Tema ini memuat mata pelajaran bahasa Indonesia, IPA, dan IPS. Dan model yang digunakan dalam pembelajarannya adalah model PBL, dan pendekatan saintifik. Berdasarkan KD 3 Bahasa Indonesia Bu Dea menyajikan teks tentang alat- alat musik khas jawa barat. Dari teks tersebut Bu Dea menjelaskan sifat-sifat bunyi dari alat musik yang ada pada teks (mata pelajaran IPA tentang sifat bunyi), serta membahas cara pengembangan ekonomi di Jawa Barat mengenai bambu dan kayu yang ada disekitarnya untuk diolah menjadi alat musik khas Jawa barat serta strategi cara pemasarannya (mata pelajaran IPS tentang keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat). Satu tahun kemudian Bu dea mutasi ke Propinsi Sumatra Barat, dan pada saat melaksanakan pembelajaran di kelas 4 dengan tema yang sama, dalam pelaksanaan pembelajarannya Bu Dea menyampaikan materi serta model yang digunakan dalam pembelajarannya persis sama seperti ketika mengajar setahun lalu di propinsi Jawa Barat. Pertanyaan : a. Berdasarkan kasus tersebut coba analisis apakah landasan pembelajaran yang digunakan Bu Dea ketika mengajar di Propinsi Jawa barat dengan di Propinsi Sumatra Barat sama ? Uraikan alasannya! b. Coba klasifikasikan (mana yang termasuk) ke dalam jenis-jenis landasan pembelajaran terpadu dari berbagai aspek yang dikembangkan bu Dea saat kegiatan pembelajaran di Propinsi Jawa Barat!


Jawaban:

A. Landasan yang digunakan oleh Bu Dea saat mengajar di Provinsi Jawa Barat dan di Sumatra Barat berbeda. Saat mengajar di Provinsi Jawa Barat, Bu Dea menggunakan landasan sosial-budaya. Dalam pembelajaran di Jawa Barat, Bu Dea memasukkan kondisi sosial-budaya yang ada di sana seperti menyajikan teks tentang alat musik khas di Jawa Barat, sifat-sifat bunyi dari alat musik tersebut, serta pengembangan ekonomi di Jawa Barat mengenai bambu dan kayu yang ada di sekitarnya untuk diolah menjadi alat musik khas Jawa barat serta strategi cara pemasarannya.
Hal ini menunjukkan bahwa Bu Dea memahami bahwa keberhasilan proses pembelajaran dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, kehidupan masyarakat dengan segala karakteristik dan kekayaan budayanya.
Sementara saat mengajar di Sumatra Barat, Bu Dea tidak menggunakan landasan sosial-budaya. Di mana dalam proses pembelajaran Bu Dea justru menggunakan materi yang sama dengan saat mengajar di Jawa Barat. Siswa akan mengalami kesulitan memahami materi di mana alat-alat musik dalam materi tidak pernah mereka temukan dalam keseharian.

B. Jenis-jenis landasan pembelajaran terpadu yang dikembangkan Bu Dea saat melaksanakan kegiatan pembelajaran di Provinsi Jawa Barat, di antaranya:

Landasan Filosofis
Pembelajaran yang dilaksanakan oleh Bu Dea menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Hal ini sesuai dengan aliran progresivisme yang memandang bahwa dalam proses pembelajaran, siswa harus lebih sering dihadapkan pada persoalan-persoalan yang harus mendapatkan pemecahan atau bersifat problem solving.Landasan Sosial-Budaya
Dalam pembelajaran Bu Dea, sudah menyesuaikan kepada lingkungan, kehidupan masyarakat, karakteristik dan kekayaan budaya di mana siswa berada. Hal ini tampak dari teks yang disajikan adalah teks tentang alat musik khas dari Jawa Barat, Sifat-sifat bunyi yang dianalisis oleh siswa juga mengacu kepada alat musik tersebut, serta Bu Dea juga membahas pengembangan ekonomi di Jawa Barat mengenai bambu dan kayu yang ada di sekitarnya untuk diolah menjadi alat musik khas Jawa barat serta strategi cara pemasarannya.

3. hasa yang berbeda dengannya. Guru-guru juga memberikan dorongan kepada siswanya agar mau5.uNilaidiri.bagian-bagian telinga tersebut beserta fungsinya, cara kerjadapat mendengar telinga, gangguan pada telinga, dan cara merawat telinga.Lakukan kegiatan ini dengan santun dan penuh percayaBentuklah kelompok beranggotakan 3—4 siswa.Setiap anggota menyiapkan sebuah benda, lalu bersembunyi di tempat berbeda sambilLakukanlah permainan menebak sumber bunyi yang dibunyikan teman kelompokmu.Bunyikan benda secara bergantian. Mintalah temanmu menebak sumber bunyi benda.agama yang berbeda-beda. SD Matahari sering kali menerima siswa pindahan dari daerah lain se-Warga SD Matahari hidup rukun dalam keberagaman. Guru dan siswa SD Matahari memelukhingga siswa di sana berasal dari beberapa daerah. Hal tersebut juga menyebabkan siswa SD Mata-dan Minang. Meskipun memiliki berbagai perbedaan, warga SD Matahari dapat menjaga kerukunan.hari berasal dari suku yang berbeda-beda. Ada yang berasal dari Sunda, Betawi, Jawa, Batak, Ambon,Guru-guru di SD Matahari sering kali memberi pesan kepada siswanya agar mereka selaluada teman yang beribadah, sebaiknya dihormati. Tidak boleh mengejek teman yang memiliki logat ba-menghargai dan menerapkan sikap toleransi terhadap perbedaan yang dimiliki temannya. Apabilasilnya di depanIPA KD 4.6Indahnya Keberagaman di SD MatahariAktivitas BersamaKerjakan sesuai perintah!1.2.3.memegang benda tersebut.4.Pendalaman MateriBacalah teks berikut dengan saksama!Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2mengenal berbagai macam kebudayaan daerah dari daerah lainnya. Hal ini dilakukan agarsiswa me-miliki kesadaran bahwa mereka hidup dalam keberagaman dan bangga menjadi bangsa Indonesia.Siswa SD Matahari melaksanakan pesan-pesan gurunya untuk menghargai dan menerapkankap toleransi. Hal tersebut dapat terlihat dalam kegiatan tugas kelompok dan piket kelas. SiswaMatahari mau bekerja sama dengan semua anggota kelompok tugas atau piket tanpa melihatrbedaan suku, asal daerah, dan agama. Tugas kelompok dan piket kelas mereka lakukanngan baik dan disiplin.Tuliskan gagasan pokok dan gagasan penjelas paragraf 2 dan 3​


Jawaban:

hmmm banyak amat maaf lain kali ya


Video Terkait


Post a Comment

0 Comments