Kelebihan Dan Kekurangan Teori Behavioristik


Kelebihan Dan Kekurangan Teori Behavioristik

Apa kekurangan dari teori belajar behavioristik

1. Apa kekurangan dari teori belajar behavioristik


Jawaban:

Teori behavioristik banyak dikritik karena sering kali tidak mampu menjelaskan situasi belajar yang kompleks, sebab banyak variable atau hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan dan/atau belajar yang tidak dapat diubah menjadi sekedar hubungan stimulus dan respon.

Murid cenderung diarahkan untuk berpikir linier, konvergen, tidak kreatif, dan memposisikan murid sebagai murid pasif. Dalam proses belajar mengajar, murid hanya bisa mendengar dan menghafal yang didengarkan. Murid membutuhkan motivasi dari luar dan sangat bergantung pada guru.


2. kelemahan dan kelebihan teori belajar behavioristik dan sejak kapan digunakan di indonesia


Kekurangan

Pembelajaran siswa yang berpusat pada guru (teacher centered learning), bersifat meanistik, dan hanya berorientasi pada hasil yang diamati dan diukur

Murid hanya mendengarkan dengan tertib penjelasan guru dan menghafalkan apa yang didengar dan dipandang sebagai cara belajar yang efektif.Penggunaan hukuma sebagai salah satu cara untuk mendisiplinkan

siswa ( tori skinner ) baik hukuman verbal maupun fisik seperti kata – kata kasar , ejekan , jeweran yang justru berakibat buruk pada siswa.

Kelebihan

Sangat cocok untuk memperoleh kemampuan yang membutuhkan praktek dan pembiasaan yang mengandung unsure-unsur seperti kecepatan, spontanitas, kelenturan, refleks, dan daya tahan.


3. ada yang pernah dapat soal seperti ini : Setiap teori belajar memiliki karakteristik yang berbeda. Setiap teori juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Buatlah matriks perbedaan antara teori belajar behavioristik, humanistis, kognitif, dan konstruktifberdasarkan aspek-aspek berikut ini bagi jawaban dong


Behaviorism itu mementingkan hasil dari pembelajaran, humanisme itu memanusiakan manusia dan menganggap manusia mempunyai martabat untuk dihargai, konstruktivism itu siswa membangun pengetahuannya sendiri...

4. Pandangan guru dan siswa terhadap teori behavioristik


Pengertian belajar menurut teori Behavioristik adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya reaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dikatakan telah belajar sesuatu apabila ia mampu menunjukan perubahan pada tingkah lakunya, apabila dia belum menunjukkan perubahan tingkah laku maka belum dikatakan bahwa ia telah melakukan proses belajar. Teori ini sangat mementingkan adanya input yang berupa stimulus dan output yang berupa respons. Dalam proses pembelajaran input ini bisa berupa alat peraga, gambar-gambar, atau cara-cara tertentu untuk membantu proses belajar (Budiningsih, 2003).

behaviorisme terbuka bagi manusia modern yang mengutamakan metodologi ilmiah dan “obyektivitas” seperti sektor yang dapat diukur dari komunitas bisnis yang menilai hasil, efisiensi, dan ekonomi yang terlihat mendesak (Haryo, 2007) Terdapat empat prinsip filosofis utama dalam pengembangan teori ini yaitu : Manusia adalah binatang yang sangat berkembang dan manusia belajar dengan cara yang sama seperti yang telah dilakukan binatang lainnya; pendidikan adalah proses perubahan perilaku; peran guru adalah menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif; efisiensi, ekonomi, ketepatan dan obyektivitas merupakan perhatian utama dalam pendidikan.


maaf kalo salah yah

5. dekskripsikan teori behavioristik


Jawaban:

Teori belajar behavioristik adalah sebuah teori yang dianut oleh Gage dan Berliner tentang perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman

Penjelasan:

kira2 begitu

Jawaban:

jawabnya di bawah aja

Penjelasan:

tiori yang di anut oleh gege dan berliner


6. Teori behavioristik dan teori kognitif berdasarkan kesimpulan​


Jawaban:

Teori belajar yang menekankan perubahan terhadap perilaku peserta didik adalah teori behavioristik. Teori belajar yang menekankan pada perubahan capaian hasil dalam belajar ( prestasi ) adalah teori kognitif. ... Peserta didik bisa mengambil baik atau buruk yang di sampaikan.

Penjelasan:

sorry if it's wrong


7. Pandangan guru dan siswa terhadap teori behavioristik


1. Hasil belajar harus segera diberitahukan kepada siswa, jika salah dibetulkan, jika benar diberi penguat.

2. Proses belajar harus mengikuti irama dari yang belajar.

3. Materi pelajaran, digunakan sistem modul.

4. Dalam proses pembelajaran, lebih dipentingkan aktivitas sendiri.

8. kenapa pendidikan di Indonesia harus memakai teori behavioristik​


Jawaban: karena pembelajaran behavioristik menekankan pada pengaruh lingkungan terhadap perubahan perilaku.

Menggunakan prinsip penguatan, yaitu untuk menidentifikasi aspek paling diperlukan dalam pembelajaran untuk mengarahkan kondisi agar peserta didik dapat mencapai peningkatan yang diharapkan dalam tujuan pembelajaran.

Menidentifikasi karakteristik peserta didik, untuk menetapkan pencapaian tujuan pembelajaran.

Lebih menekankan pada hasil belajar daripada proses pembelajaran.

Penjelasan:

Teori behavioristik dengan model hubungan stimulus responnya, mendudukkan orang yang belajar sebagai individu yang pasif. Respon atau perilaku tertentu dengan menggunakan metode drill atau pembiasaan semata. Munculnya perilaku akan semakin kuat bila diberikan reinforcement dan akanmenghilang bila dikenai hukuman.

Istilah-istilah seperti hubungan stimulus respon, individu atau siswa pasif, perilaku sebagai hasil yang tampak, pembentukan perilaku dengan penataan kondisi secara ketat, reinforcement dan hukuman, ini semua merupakan unsur-unsur yang sangat penting dalam teori behavioristik. Teori ini hingga sekarang masih merajai praktek pembelajaran di Indonesia. Hal ini tampak dengan jelas pada penyelenggaraan pembelajaran dari tingkat yang paling dini, seperti kelompok bermain, Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, bahkan sampai Perguruan Tinggi, pembentukan perilaku dengan cara pembiasaan disertai dengan reinforcement atau hukuman masih sering dilakukan.

Aplikasi teori behavioristik dalam kegiatan pembelajaran tergantung dari beberapa hal seperti: tujuan pembelajaran, sifat materi pelajaran, karakteristik siswa, media dan fasilitas pembelajaran yang tersedia. Pembelajaran yang dirancang dan berpijak pada teori behvioristik memandang bahwa pengetahuan adalah obyektif, pasti, tetap, tidak berubah. Pengetahuan telah terstruktur dengan rapi, sehingga belajar adalah perolehan pengetahuan, sedangkan mengajar adalah memindahkan pengetahuan ke orang yang belajar atau siswa.Fungsi mind atau pikiran adalah untuk menjiplak struktur pengetahuan yag sudah ada melalui proses berpikir yang dapat dianalisis dan dipilah, sehingga makna yang dihasilkan dari proses berpikir seperti ini ditentukan oleh karakteristik struktur pengetahuan tersebut. Siswa diharapkan akan memiliki pemahaman yang sama terhadap pengetahuan yang diajarkan. Artinya, apa yang dipahami oleh pengajar atau guru itulah yang harus dipahami oleh murid

semoga bermanfaat (◔‿◔)


9. teori belajar apa saja yang termasuk dalam aliran behavioristik


setahu aku salah satu diantaranya model cooperative learning STAD yang menitik beratkan pada kerjasama suatu kelompok untuk memecahkan masalah secara bersama-sama.

10. merupakan tokoh teori behavioristik adalah


Thorndike, Watson, Clark Hull, Edwin Guthrie, dan Skinner

11. jelaskan kritik agama terhadap teori behavioristik​


Jawaban:

Kritik Agama Feuerbach

Penjelasan:

Feuerbach memandang bahwa  bukan Tuhan yang menciptakan manusia tetapi sebaliknya Tuhan adalah ciptaan angan-angan manusia. Agama merupakan proyeksi hakikat manusia dan dengan demikian agama mengungkapkan keterasingan manusia dari dirinya sendiri. Feuerbach melihat pula bahwa hakikat Allah ini tidak lain daripada hakikat manusia itu sendiri yang sudah dibersihkan dari macam-macam keterbatasan atau ciri individualnya dan kemudian dianggap sebagai sebuah kenyataan otonom yang berdiri di luar manusia. Dengan kata lain, Allah adalah hasil proyeksi diri manusia. Feuerbach menunjukkan bahwa karakteristik dari Allah itu adalah tidak lain daripada karakteristik manusia yang diproyeksikan melebihi manusia ke dalam dunia fantastis dimana di dalam bentuk yang ditinggikan dan dilebih-lebihkan tersebut, hasil proyeksi diri manusia.


12. Kemukakan perbedaan antara teori behavioristik dan konstruktivisti.k​


Perbedaan Teori Behavioristik dan Konstruktivistik dalam Pelaksanaa Pembelajaran

Perbedaan dalam pembelajaran antara keduanya dirincikan sebagai berikut;

Pembelajaran Behavioristik dalam Pembelajaran

1. Menekankan pada keterampilan-keterampilan dasar peserta didik mulai dari bagian-bagian menuju keseluruhan kurikulum yang disajikan.

2. Taat kepada kurikulum yang ditetapkan.

3. Kegiatan pembelajaran banyak mengandalkan pada buku teks dan soal-soal.

4.  Peserta didik dianggap sebagai kertas putih kosong yang dapat dicoret apapun oleh guru dan umumnya guru menggunakan cara diktaktik dalam memberikan informasi kepada peserta didiknya.

5. Hasil belajar peserta didik menjadi bagian dari pembelajaran dan dilakukan ketika pembelajaran berakhir.

6. Peserta didik bekerja sendirian tanpa ada kelompok belajar dan diskusi.

Pembelajaran Konstruktiivistik dalam Pembelajaran

1. Mendekatkan peserta didik pada konsep-konsep yang lebih kompleks dan luas mulai dari keseluruhan menuju bagian-bagian kurikulum yang disajikan.

2. Proses pembelajaran berjalan dengan munculnya pertanyaan-pertanyaan dan ide-ide yang bervariatif.

3. Kegiatan pembelajaran mengandalkan berbagai sumber dan manipulasi media belajar.

4. Peserta didik dianggap sebagai pemikir yang memunculkan pendapat dan teori-teorinya sendiri.

5. Selain hasil belajar, proses belajar juga menjadi ukuran dan keduanya menjadi kesatuan kegiatan pembelajaran dengan cara guru mengamati peserta didik serta melalui LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik).

6. Peserta didik bekerja dan belajar dengan berkelompok dan diskusi.

Behavioristik :

Aliran yang menekankan kepada tingkah laku yang dapat diamati secara langsung. Hasil belajar seseorang dalam teori ini berfokus kepada hasil. Apakah hasilnya sesuai dengan yang diharapkan atau tidak.

Konstuktivistik :

Aliran yang mempercayai bahwa seorang individu mampu belajar untuk dirinya sendiri sperti contohnya melalui pengalaman. Teori pembelajaran konstruktivistik menekankan bahwa pelajar harus aktif dalam proses pembelajaran itu sendiri.

SEMOGAMEMBANTU;)


13. Ciri ciri dasar teori behavioristik


mengutamakan unsur-unsur dan bagian kecil, bersifat mekanistis, menekankan peranan lingkungan, mementingkan pembentukan reaksi atau respon, menekankan pentingnya latihan, mementingkan mekanisme hasil belajar,mementingkan peranan kemampuan dan hasil belajar yang diperoleh adalah munculnya perilaku yang diinginkan.

^_^Semoga Berhasil^_^


14. Jelaskan contoh teori behavioristik dari masing masing tokohnya?


Penjelasan:

Teori Behavioristik

Teori yang dianut sejumlah ilmuwan, seperti Gage dan Berliner ini menyatakan bahwa sebuah pengalaman mampu mengubah tingkah laku (kebiasaan atau proses berpikir) seseorang sebagai hasil proses belajar dari pengalaman itu sendiri.

Untuk mengaplikasikan teori ini, seorang guru perlu melakukan beberapa proses, seperti memberikan dorongan supaya muridnya dapat merasakan rasa ingin tahu, melakukan stimulus guna memperoleh respons siswa, dan melakukan penguatan (reinforcement)—pengulangan stimulus dalam bentuk berbeda.

Teori behavioristik dinilai terlalu fokus pada pendidik. Jadi, tantangannya adalah guru harus lebih kreatif dalam menyampaikan suatu materi agar siswa tidak bosan.


15. tujuan pendidikan menurut teori behavioristik


Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon. teori behavioristik adalah sebuah teori tentang perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. jadi tujuan dari pendidikan adalah diharapkan peserta didik terjadi perbuhan sifat dan tingkah laku ( respon) setelah diadakannya proses pembelajaran

16. contoh dari teori behavioristik


Jono baru saja beranjak dari SMP menuju SMA. Ia masuk ke SMA yang terkenal sebagai SMA yang dihuni oleh orang-orang kelas atas. Padahal ia berasal dari keluarga yang tergolong menengah kebawah. Awalnya orang tua Jono tidak memperbolehkan Jono masuk kesekolah tersebut karena takut Jono terpengaruh gaya hidup mereka. Namun paksaan Jono yang yang sedemikian rupa membuat orang tuanya luluh juga. Setelah beberapa lama berada disekolah itu, Jono seperti mengalami diskriminasi karena ia tidak pernah mau untuk ikut bermain dengan teman-temannya saat ia diajak. Sedikit demi sedikit, Ia mulai merasa dikucilkan. Awalnya, ia tidak terpengaruh. Namun lama kelamaan, ia mulai merasa kesepian. Bahkan, teman-temannya senang sekali mengerjai Jono. Perilaku teman-temannya mulai membuat Jono tidak fokus. Prestasi belajar mulai menurun. Ini membuat Jono selalu stress. Keadaan seperti ini mulai mengubah Jono. Jono yang selama ini selalu rendah hati mulai merasa harus seperti teman-temannya. Akhirnya muncul juga keinginan untuk bermain dengan teman-teman. Ia mencuri uang orang tuanya untuk bisa berpenampilan seperti teman-temannya. Keadaan hidup seperti ini membuat ia tak nyaman. Ia ingin sekali tidak seperti ini, namun itu hanya tinggal keinginan saja. Ketakutan akan dikucilkan membuat ia tetap menjalankan kebiasaan buruk ini

17. apa ari teori behavioristik


behavioristik adalah Teori belajar behavioristik adalah sebuah teori yang dianut oleh Gage dan Berliner tentang perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. Beberapa ilmuwan yang termasuk pendiri dan penganut teori ini antara lain adalah Thorndike, Watson, Hull, Guthrie, dan Skinner.

Teori belajar behavioristik adalah teori belajar yang menekankan pada tingkah laku manusia sebagai akibat dari interaksi antara stimulus dan respon. Teori Behavioristik merupakan sebuah teori yang dicetuskan oleh Gage dan Berliner.


18. contoh teori behavioristik,teori.kognitif dan teori humanistik


TEORI-TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK, KOGNITIF, DAN HUMANISTIK DAN APLIKASI DALAM PENDIDIKAN
1. Pengertian teori
Oxford advanced learner’s dictionary (1990 : 1330) mungungkapkan makna teori, antara lain sebagai berikut : teori adalah suatu himpunan gagasan yang masuk akal dan bertujuan untuk menjelaskan fakta-fakta atau kejadian-kejadian, juga dinyatakan bahwa suatu teori adalah pernyatan prinsip-prinsip yang belaku bagi subjek tertentu.
Kerlinger (1989) menyatakan tentang arti teori, teori adalah suatu himpunan dari konstruk-konstruk (konsep-konsep), definisi-definisi dan proposisi-proposisi yang saling berkaitan dan menyatakan sesuatu pandangan dan sistematis tentang suatu fenomena dengan cara menentukan hubungan antar variable, dengan tujuan menjelaskan fenomena tersebut.
Disini secara ringkas Dorin, Demmin, Gabel dan smith menyatakan bahwa karakteristik teori adalah sebagai berikut : (a) teori adalah sebuah penjelasaan umum tentang berbagai pengamatan yang dibuat seiring perjalanan waktu, (b) teori menjelaskan dan meramal timbulnya prilaku, (c) suatu teori tidak dapat dibangun diatas keragu-raguan, (d) suatu teori dapat diubah, dimodifikasi.
Disini penulis cantumkan teori menurut pandangan ahli lainnya yakni: 1. (Jonathan H. Turner)



MAAF KALO SALAH.

19. apa saja faktor dari teori behavioristik?


Faktor lain yang dianggap penting oleh aliran behavioristik adalah faktor penguatan (reinforcement). Bila penguatan ditambahkan (positive reinforcement) maka respon akan semakin kuat. Begitu pula bila respon dikurangi/dihilangkan (negative reinforcement) maka respon juga semakin kuat.selain penguatan,mungkin generalisasi,deskriminasi,dan pelemahan.

20. merupakan tokoh teori behavioristik adalah


tokohnya yaitu gage dan berliner

Video Terkait


Post a Comment

0 Comments