Sop Laundry Hotel


Sop Laundry Hotel

bagaimana penanganan laundry di hotel?

Daftar Isi

1. bagaimana penanganan laundry di hotel?


Jawaban:

a. one day service/ regular/ today

adalah pelayanan pencucian pakaian tamu dimana cucian diserahkan atau dikumpulkan oleh petugas sebelum pukul 10.00 pagi dan akan dikembalikan pada pukul 18.00 pada hari yang sama

b. express service

adalah apabila tamu menghendaki pelayanan yang cepat, cucian/ pakaiannya selesai dicuci dalam waktu 2 sampai 3 jam. Untuk pelayanan ini biasanya hotel akan memberikan harga tambahan 100% dari harga normal

Selain pelayanan diatas ada juga tamu yang mengirimkan cuciannya setelah jam 10.00. tetapi menginginkan selesai pada hari yan sama seperti halnya pada one day service. Pelayanan seperti ini pihak hotel akan memberikan harga tambahan 50% dari harga normal

Jawaban:

mau tidak mau harus memberi pakaian yang ingin di laundry sendiry kepada laundry lainnya dan meminta maaf kepada si pemilik baju yang ingin di laundry karena batas waktu pakaian miliknya yang ingin di laundry harus di perpanjang waktunya.....

maaf kalau salahh......semoga membantu :)


2. Apakah kelebihan dan kekurangan jika sebuah hotel memiliki laundry sendiri di hotelnya, kemudian coba dibandingkan dengan kelebihan dan kekurangan jika sebuah hotel menggunakan jasa pihak ke 3 untuk melakukan proses laundry dihotel


Jika memiliki laundry sendiri.

• Kelebihannya : Hotel tersebut bisa menghemat biaya pengeluaran dan dapat memastikan kebersihannya.

• Kekurangan : Hotel tersebut harus menyiapkan Tenaga/Jasa untuk menangani Laundry tersebut.

Jika menggunakan jasa pihak ketiga.

• Kelebihan : Hotel tersebut tak perlu menambah karyawan/jasa dan pihak hotel bisa langsung terima bersih barang-barang yang dimaksud. Dan bila ada kerusakan pada barang pihak hotel bisa mengirimkan protes pada mitranya.

• Kekurangan : Pengeluaran bertambah karena harus membayar pihak ketiga.

Semoga membantu (^^) hehe maaf kalau salah.


3. sbutkan pengertian laundry hotel


bagian dari housekeeping yang bertanggung jawab atas pencucian semua linen, baik itu house laundry maupun guest laundry.

4. Apa yang kamu ketahui tentang penyetrika dilaundry hotel


Jawaban:

1. Memberikan layanan kepada tamu hotel.

2. Menambah pemasukan hotel.

3. Efisiensi kerja dalam penyediaan linen bersih.

4. Meningkatkan kepuasan tamu.

Jawaban:

Fungsi layanan laundry adalah sebagi tempat untuk memberikan layanan pencucian linen hotel, uniform karyawan maupun pakaian tamu yang kotor (house laundry maupun guest laundry).


5. Kategori tekstil yang di cuci di laundry hotel terbagi menjadi dua,yaitu... A. House laundry dan office laundry B.Guest laundry dan office laundry C.House Laundry dan guest laundry D.Inside laundry dan outside laundry E.Guest laundry dan employess laundry


Jawaban:

D.Inside laundry dan guest laundry

Penjelasan:

Semoga bermanfaat


6. Ruang lingkup pekerjaan laundry di hotel?


tempat laundry, kamar, kamar tamu, lobby

7. Jika suatu hotel memiliki laundry sendiri, tentunya kegiatan pencucian baik house laundry maupun guest laundry akan ditangani oleh laundry hotel tersebut, namun pada suatu saat laundy sedang banyak cucian, tiba-tiba mesin nya rusak yang tidak mungkin pada hari tersebut mesin dapat beroperasi kembali, padahal cucian yg begitu banyak harus segera dapat diselesaikan pada hari tersebut, tindakan apa yang seharusnya dilakukan oleh hotel?


menempatkan pada tmpt lain ataupun dibenarkan terlebih dahuluhotel mau tdk mau harus memeberi pakaian yg ingin di laundry sendiri kepada laundry lainnya dan meminta maaf kepada si pemilik baju yg ingin di laundry karena batas waktu pakaian miliknya yg ingin di laundry harus di perpanjang waktunya....
maaf ya kalau salah

8. Apa yang kamu ketahui tentang penyetrika dilaundry hotel


Jawaban:

a. one day service/ regular/ today

adalah pelayanan pencucian pakaian tamu dimana cucian diserahkan atau dikumpulkan oleh petugas sebelum pukul 10.00 pagi dan akan dikembalikan pada pukul 18.00 pada hari yang sama

b. express service

adalah apabila tamu menghendaki pelayanan yang cepat, cucian/ pakaiannya selesai dicuci dalam waktu 2 sampai 3 jam. Untuk pelayanan ini biasanya hotel akan memberikan harga tambahan 100% dari harga normal

Selain pelayanan diatas ada juga tamu yang mengirimkan cuciannya setelah jam 10.00. tetapi menginginkan selesai pada hari yan sama seperti halnya pada one day service. Pelayanan seperti ini pihak hotel akan memberikan harga tambahan 50% dari harga normal

Penjelasan:

semoga membantu

pelayanan pencucian pakaian tamu dimana cucian diserahkan atau dikumpulkan oleh petugas sebelum pukul 10.00 pagi dan akan dikembalikan pada pukul 18.00 pada hari yang sama

penjelasan: maaf kalo salah


9. tujuan hotel memiliki laundry sendiri?​


Jawaban:

agar para pengunjung tidak ribet dan lebih nyaman

Jawaban:

agar pengunjung nyaman , tdk ribet , dan selalu berkunjung ke tempat itu.


10. sebutkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam Hotel​


Jawaban:

Standar Operasional Prosedur Hotel adalah patokan atau acuan yang menjadi standar dalam menjalankan tugas sebagai seorang pegawai di sebuah departemen perhotelan itu sendiri, dan kebanyakan dari pihak perhotelan memberikan standar yang tidak begitu jauh antara hotel yang satu dengan hotel yang dan masih sangat

Penjelasan:

Semoga membantu


11. Apa alasannya kenapa hotel bintang 5 ada yang memilih untuk laundry linen dll ke luar ( outside laundry)


Jawaban:

agar lebih bersih

Penjelasan:

karena kebersihan sebagian dari iman


12. Dalam setiap departemen di hotel memiliki seksi masing-masing,tidak terkecuali laundry departement ,Bagaimanakah pendapat kalian jika didalam Laundry departemet ada salah satu seksi atau bagian laundry yang tidak maksimal dalam tugas dan tanggung jawabnya?


Jawaban:

menurut saya kita sebaiknya menegur atau menasehati pekerja tersebut supaya dia sadar dan mau memaksimalkan tugasnya tersebut

Penjelasan:

sitiap orang pasti mau berubah menjadi lebih baik


13. Karena besarnya tanggung jawab laundry baik kepada tamu maupun dengan pihak hotel,maka pihak laundry perlu bekerjasama dengan….


Jawaban:

Karena besarnya tanggung jawab laundry baik pada tamu maupun hotel, maka pihak laundry perlu bekerja sama dengan bagian-bagian lain di hotel yaitu enginering, purchasing, housekeeping, personalia, dan food and beverage.


14. 1. Jelaskan jenis-jenis laundry berikut ini:a) hotel laundry b) hospital laundry c) commercial laundry d) semi commercial 2. Sebutkan ciri ciri dari masing-masing laundry tersebut


Jawaban!

1.a.Laundry adalah bagian hotel yang memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap semua cucian yang diterima kepadanya, baik dari house laundry ataupun dari guest laundry (tamu).

b.Laundry rumah sakit adalah tempat pencucian linen yang dilengkapi dengan sarana penunjangnya berupa mesin cuci, alat dan disinfektan, mesin uap (steam boiler), pengering, meja dan mesin setrika.

c.COMMERCIAL LAUNDRY Usaha laundry yang melayani jasa pelayanan pencucian bahan bahan pakaian yang bertujuan hanya untuk mencari keuntungan.

d.Semi commercial laundry Badan usaha yang melayani jasa cucian baik bahan pakaian di lingkungan sendiri (seragam) serta tekstil dari luar yang bertujuan untuk kepentingan sendiri tapi disisi lain mencari keuntungan.untuk menutupi biaya pencucian diri sendiri.

#semogamembantu:)


15. Conton Sop Di Hotel Jayakarta​


Jawaban:

maksudnya apa ya saya tidak mengerti

Jawaban:

maksudnya apa mana soalnya kok gk ada soalnya kalo gk ada soalnya mah gimana mau cari jawabannya


16. Pada hotel besar dan mempunyai Laundry yang lengkap, maka pimpinan bagian disebut ... *a. Executive Housekeeperc. Laundry Managerb. Chief Laundrye. Chief Linend. Guest Laundry Manager​


Jawaban: C.Laudry manager


17. apa yang terjadi bila hotel tidak menyediakan layanan laundry?#bantu_jawab_secepatnya​


Jawaban:

para tamu hotel bisa merasa dibebankan mencuci pakaian yang kotor


18. Sebutkan ruang lingkup pekerjaan laundry di hotel?


kamar tidur kamar mandi

19. Sebutkan dan jelaskan laporan² yg ada di laundry departement hotel


jawaban ada pada gambar

maaf kalo salah


20. kenapa laundry dijadikan jantung bisnis hotel?#TolongBantuuKak​


Jawaban:

dalam menjalankan operasionalnya, laundry di hotel juga melayani pencucian dari luar hotel yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatannya.

Jawaban:

Dalam struktur hotel, biasanya laundry merupakan bagian dari housekeeping yang bertanggung jawab atas pencucian semua linen yang ada di room, banquet, sampai hapkin. Baik itu house laundry maupun guest laundry. Dan dalam menjalankan operasionalnya, laundry di hotel  juga melayani pencucian dari luar hotel yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatannya.


Video Terkait


Post a Comment

0 Comments