Buatlah Inventarisasi Tentang Pergerakan Nasional Pada Masa Pendudukan Jepang


Buatlah Inventarisasi Tentang Pergerakan Nasional Pada Masa Pendudukan Jepang

Buatlah inventarisasi tentang pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang!

Daftar Isi

1. Buatlah inventarisasi tentang pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang!


Jawaban:

Perbandingan pergerakan nasional pada

masa kependudukan jepang dengan masa penjajahan belanda:

>Pada masa kependudukan Jepang: perlawanan full

menggunakan organisasi yang dibentuk para pemuda.

>Pada masa penjajahan Belanda sebelum pergerakan nasional:

perlawanan menggunakan senjata tradisional dan perlawanan bersifat kedaerahan sehingga mudah dipatahkan oleh Belanda yang memiliki persenjataan lengkap. Perlawanan sebelum masa pergerakan nasional

biasanya dipimpin oleh raja atau sultan atau patih atau ulama dan sebgainya. Perlawanan tergantung kepada pemimpin. Apabila pemimpin wafat di medan perang makaperlawanan tidak dilanjutkan.

>Pada masa penjajahan Belanda pada masa pergerakan nasional:

Perlawanan melawan Belanda bersifat nasional, menggunakan organisasi kebangsaaan.Tidak mengangkat senjata tradisional. Sudah mulai

terbentuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa yagn tercermin dalam Konggres Pemuda II yang menghasilkan IKRAR SUMPAH PEMUDA.

Penjelasan:

"IKRAR

SUMPAH PEMUDA" terdiri dari:

-Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

-Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

-Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Sumpah Pemuda merupakan sebuah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang dilaksanakan selama dua hari, 27 - 28 Oktober 1928 di Jakarta.

Penggagas dari rumusan kongres sumpah pemuda ialah Moehammad Yamin.

Moehammad Yamin memiliki suatu formulasi elegan untuk keputusan ini. Selanjutnya mmeberitahukan kepada Soegondo.

Soegondo setuju yang diikuti oleh semua peserta konggres.Soegondo adalah ketua dari Konggres pemuda II.

Pada mulanyanya, Soegondo membacakan isi dari sumpah pemuda. Sedangkan Mohammad Yamin yang menguraikan tentang apa saja yang berkaitan dengan

Sumpah Pemuda.((Lt)

#SEMOGA BENAR

#BANTU JADI JAWABAN TERBAIK?


2. buatlah inventarisasi tentang pergerakan nasional pada masa pendudukan jepang, kemudian bandingkan dengan masa penjajahan Belanda


Inventarisasi tentang pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang dan Belanda memang berbanding Jauh. Bila pada masa penjajahan Belanda banyak organisasi yang tidak di akui , maka pada penjajahan Jepang justru berbanding terbalik namun memang dengan tujuan tertentu.

3. Buatlah inventarisasi tentang pergerakan nasional pada masa pendudukan jepang, kemudian bandingkan dengan masa penjajahan Belanda


selama kurang lebih 350 tahun penjajahan belanda bisa dibilang bertujuan merampok kekayaan alam indonesia, sedang pendudukan jepang lebih mengarah ke ekspansi kekuasaan untuk menu jukan bahwasannya jepang adalah termasuk negara kuat di dunia

4. 1.Coba kamu uraikan dengan singkat, mengapa pergerakan nasional pada tahun 1930-an menjadi lebih moderat! Buatlah dalam lembar kertas folio dan diskusikanlah dengan temanmu!2.Buatlah inventarisasi tentang pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang,kemudian bandingkan dengan masa penjajahan Belanda!3.Bagaimanakah peran BPUPKI dan PPKI dalam mempersiapkan kemerdekaan? Coba diskusikan dengan teman-temanmu,kemudian buatlah laporan singkat tentang pembentukan dasar negara dan perumusan Pancasila sebagai dasar negara dalam lima lembar kertas folio!4.Bagaimana menurut pendapatmu kondisi Indonesia selama dalam pendudukan Jepang? 5.Apakah Indonesia diuntungkan atau dirugikan dengan adanya penduduk Jepang? ​


Jawaban:

1 pergerakan nasional termasuk pergerakan pada peran para pahlawan kita dan kita merdeka di tahun 1945

4 tidak setuju karena indonesia mempunyai kekayaan yang berlimpah maka tidak satu pun jatuh ketangan orang lain seperti penjajah


5. mengapa usaha inventarisasi,dokumentasi,dan penelitian warisan budaya nasional perlu dilakukan?


agar budaya-budaya asli Indonesia tidak diklaim oleh pihak-pihak lain, dan bertujuan untuk menjamin, serta meneruskan warisan budaya dan seni.

6. buatlah inventarisasi tentang pergerakan nasional pada masa penduduka jepang da bandingkan dengan masa penjajahan belanda


pada saat belanda :: perlawanan imam bonjol, perang diponegoro, perlawanan santri, peralawanan rakyat aceh, perlawanan rakyat bali dll..

saat jepang :: Pertempuran peta, perlawanan pemuda" daerah seperti jong sumatera bond dll..

perbandinganya adalah saat masa pendudukan belanda perlawanan" yg ada di indonesia masih bersifat ke daerahan sehingga sangat mudah sekali untuk dihentikan tp coba kita bandingkan dengan masa pendudukan jepang perlawanan terhadap jepang hampir diseluruh indonesia dan dalam waktu bersamaan dan sudah mulai melepaskan dari unsur kedaerah sehingga efek kejut yg dihasilkanya pun semakin dahsyat dan sangat berhasil..

semoga membantu

7. buatlah inventarisasi tentang pergerakan nasional pada masa kependudukan jepang,kemudian bandingkan dengan masa penjajahan belanda!


Pada awal pendudukan Jepang , mengambil dua langkah penting , yaitu pertama menstabilkan kondisi ekonomi yang terlihat dari upayanya untuk menguasai inflasi ekonomi dengan menetapkan patokan harga bagi sebagian besar barang dan menangani dengan keras penimbun barang. Kedua Jepang mengeluarkan aturan produk hukum baru sesuai dengan kepentingan pendudukan Jepang di Indonesia.
dan Kalau Pemerintahan Belanda Lebih Kejam Dalam Menginvasinya

8. Inventarisasi masalah-masalah apa saja yang muncul dalam penerapan MBS dilingkungan sekolah Anda?​


menjaga kebersihan dan kesehatan diri serta melakukan hal-hal yang positif seperti mengembangkan hobi , Menjaga pergaulan.


9. Inventarisasi masalah masalah apa saja yang muncul dalam penerapan mbs di lingkungan sekolah


Jawaban:

mjsnsgssbskiwiwowohe


10. Inventarisasi tentang pergerakan nasional pada masa pendudukan jepang,bandingkan dengan masa penjajahan belanda


inventarisasi pada masa kedudukan Belanda
- perjuangan melawan penjajah masih berupa kelompok, belum. mencangkul seluruh warga Indonesia (belum adanya persatuan) dan persenjataan Indonesia juga sangat minim, beda dengan penjajah

inventarisasi pada masa penjajahan jepang
- perjuangan bangsa Indonesia sudah mencangkul seluruh wilayah Indonesia (sudah adanya persatuan) dan persenjataan sudah lengkap.

11. Inventarisasi masalah masalah apa saja yang muncul dalam penerapat MBS di lingkungan sekolah​


Jawaban:

buang ,sampah sembarangan


12. mengapa usaha inventarisasi,dokumentasi,dan budaya nasional perlu dilakukan


agar kita dapat mengetahui catatan catatan yang dilakukan dan juga dapat mengevaluasi bahan pertimbangan

13. Inventarisasi masalah masalah yang muncul dalam penerapan MBS di sekolah?


Jawaban:

bertingkat aneh aneh

maaf kalau salah


14. buatlah inventarisasi tentang pergerakan nasional pada masa kependudukan jepang,kemudian bandingkan dengan masa penjajahan belanda!


Mata pelajaran: IPS Sejarah

Kelas: XI SMA

Kategori: Masa Pergerakan Nasional

Kode Kategori berdasarkan kurikulum KTSP:   11.3.8

Kata kunci: pergerakan nasional, jepang, penjajahan, belanda

 

Jawaban:

Perbandingan pergerakan nasional pada masa kependudukan jepang dengan masa penjajahan belanda:

>Pada masa kependudukan Jepang: perlawanan full menggunakan organisasi yang dibentuk para pemuda.

 

>Pada masa penjajahan Belanda sebelum pergerakan nasional:

perlawanan menggunakan senjata tradisional dan perlawanan bersifat kedaerahan sehingga mudah dipatahkan oleh Belanda yang memiliki persenjataan lengkap. Perlawanan sebelum masa pergerakan nasional biasanya dipimpin oleh raja atau sultan atau patih atau ulama dan sebgainya. Perlawanan tergantung kepada pemimpin. Apabila pemimpin wafat di medan perang makaperlawanan tidak dilanjutkan.

 

>Pada masa penjajahan Belanda pada masa pergerakan nasional:

Perlawanan melawan Belanda bersifat nasional, menggunakan organisasi kebangsaaan.Tidak mengangkat senjata tradisional. Sudah mulai terbentuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa yagn tercermin dalam Konggres Pemuda II yang menghasilkan IKRAR SUMPAH PEMUDA.

 

Pembahasan:

“IKRAR SUMPAH PEMUDA” terdiri dari:

-Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

-Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

-Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

 

Sumpah Pemuda merupakan sebuah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang dilaksanakan selama dua hari, 27 – 28 Oktober 1928 di Jakarta.

 

Penggagas dari rumusan kongres sumpah pemuda ialah Moehammad Yamin.

 

Moehammad Yamin memiliki suatu formulasi elegan untuk keputusan ini.Selanjutnya mmeberitahukan kepada Soegondo.

 

Soegondo setuju yang diikuti oleh semua peserta konggres.Soegondo adalah ketua dari Konggres pemuda II.

 

Pada mulanyanya, Soegondo membacakan isi dari sumpah pemuda. Sedangkan Mohammad Yamin yang menguraikan tentang apa saja yang berkaitan dengan Sumpah Pemuda.((Lt)

 


15. inventarisasi masalah masalah apa saja yang muncul dalam penerapan MBS di sekolah Anda?


Jawaban:

- Kesulitan dalam menerapkan prinsip MBS yang sesuai

- Kurangnya kesiapan sekolah dalam melaksanan kurikulum berbasis kompetensi

- Kurangnya pemahaman akan konsep MBS itu sendiri


16. Mengapa usaha inventarisasi, dokumentasi, dan penelitian warisan budaya nasional perlu dilakukan?


1)untuk menentukan kebijakan upaya pelestarian budaya
2)sebagai perlindungan budaya agar tidak dikalim oleh bangsa asing

3) digunakan sebagai acuan promosi budaya indonesia didalam atau di luar negri*inventarisasi : 1 pencatatan atau pendaftaran barang-barang milik kantor, (sekolah, rumah tangga, dan sebagainya) yang dipakai dalam melaksanakan tugas; 2 pencatat- an atau pengumpulan data (tentang kegiatan, hasil yang dicapai, pendapat umum, persuratkabaran, kebudayaan, dan sebagainya)
(http://kbbi.web.id/inventarisasi)

Dilakukannya inventarisasi pada warisan budaya nasional adalah agar warisan budaya dapat diarsipkan supaya tidak punah ataupun kurang lengkap dalam pelestarian budaya

*dokumentasi: 1 pengumpulan, pemilihan, pengolahan, dan penyimpanan informasi dalam bidang pengetahuan; (http://kbbi.web.id/dokumentasi)

Dilakukan untuk bukti yang mendukung bahwa budaya tsb milik negara terkait, juga untuk mempermudah seseorang dalam mencari informasi mengenai budaya tsb.

penelitian: laporan berdasarkan penelitian ilmiah terhadap suatu gejala; (http://kbbi.web.id/penelitian)

Dilakukan untuk mengetahui asal-usul,sejarah suatu warisan budaya,untuk mendapatkan fakta yang sebenarnya.






17. Inventarisasi masalah-masalah apa saja yang muncul dalam penerapan MBS di lingkungan sekolah Anda !


Inventarisasi masalah-masalah apa saja yang muncul dalam penerapan MBS di lingkungan sekolah Anda !

___________________________

- Penolakan terhadap perubahan

- Kurangnya pemahaman akan konsep sekolah sebagai sistem

- Kesulitan dalam penyusunan rencana pengembangan sekolah (RPS)

- Kurangnya pemahaman akan konsep MBS itu sendiri

- Kesulitan dalam menerapkan prinsip MBS yang sesuai

- Kurangnya kejelasan dalam pengaturan tenaga kependidikan

- Kurangnya kesiapan sekolah dalam melaksanan kurikulum berbasis kompetensi

Masalah yang timbul karena penerapan MBS antara lain :

Adanya cultural lag dikarenakan orang-orang belum terbiasa akan MBS.Menimbulkan kerumitan karena pengambilan keputusan diambil dari pendapat banyak kalangan seperti orang tua dan masyarakat.Banyak orang yang tidak mau ikut berpartisipasi dalam sistem MBS karena takut berbuat kesalahan.

SEMOGAMEMBANTU;)


18. buatlah inventarisasi tetntang pergerakan nasional pada masa pendudukan jepang, kemudian bandingkan dengan masa penjajahan belanda


Pada awal pendudukan Jepang , mengambil dua langkah penting , yaitu pertama menstabilkan kondisi ekonomi yang terlihat dari upayanya untuk menguasai inflasi ekonomi dengan menetapkan patokan harga bagi sebagian besar barang dan menangani dengan keras penimbun barang. Kedua Jepang mengeluarkan aturan produk hukum baru sesuai dengan kepentingan pendudukan Jepang di Indonesia.
dan Kalau Pemerintahan Belanda Lebih Kejam Dalam Menginvasinya
pada masa pendudukan jepang,, mengambil langkah penting yaitu memperbaiki kondisi ekonomi terhadap masalah inflasi ,, lalu jepangmengeluarkan produk hukum baru sesuai dengan penduduk indonesia

19. Inventarisasi masalah masalah apa saja yang muncul dalam penerapan MBS di sekolah anda?


Jawaban:

menjaga kebersihan dan kesehatan diri serta melakukan hal-hal yang positif seperti mengembangkan hobi , Menjaga pergaulan.

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU

MAAF KALO SALAH


20. inventarisasi masalah masalah apa yang muncul dalam penerapan mbs di lingkungan sekolah​


Jawaban:

MBS atau Manajemen Berbasis Sekolah model pengelolaan yang memberikan kewenangan dan tanggungjawab yang lebih besar kepada masing-masing sekolah serta mendorong partisipasi warga sekolah dan masyarakat secara langsung.

1. Masalah-masalah yang dirasakan dalam penerapan MBS di lingkungan sekolah adalah sebagai berikut

- Penolakan terhadap perubahan

- Kurangnya pemahaman akan konsep sekolah sebagai sistem

- Kesulitan dalam penyusunan rencana pengembangan sekolah (RPS)

- Kurangnya pemahaman akan konsep MBS itu sendiri

- Kesulitan dalam menerapkan prinsip MBS yang sesuai

- Kurangnya kejelasan dalam pengaturan tenaga kependidikan

- Kurangnya kesiapan sekolah dalam melaksanan kurikulum berbasis kompetensi

2. Manfaat yang dapat dirasakan dengan diterapkannya MBS adalah sebagai berikut

- Peningkatan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam pengelolaan dan pemberdayaan sumber daya yang ada

- Peningkatan kepedulian warga sekolah dan masyarakat melalui keputusan bersama

- Peningkatan tanggungjawab sekolah kepada orangtua, masyarakat bahkan pemerintah mengenai mutu sekolah

- Peningkatan kompetisi yang sehat antar sekolah


Video Terkait


Post a Comment

0 Comments