Perbedaan Remedial Dan Pengayaan


Perbedaan Remedial Dan Pengayaan

mengapa harus ada remedial dan pengayaan?

Daftar Isi

1. mengapa harus ada remedial dan pengayaan?


Jawaban:

Untuk memperbaiki nilai yang tidak memenuhi standar


2. keterkaitan antara kegiatan pengayaan dan remedial?


.1. KEGIATAN REMIDIAL

A.    HAKIKAT, TUJUAN DAN FUNGSI KEGIATAN REMIDIAL

1.      Hakikat Kegiatan Remidial

Remidial adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk memperbaiki ketrampilan yang kurang baik dalam suatu bidang tertentu. Kalau kita kaitkan dengan kegiatan pembelajaran, kegiatan remidial dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk memperbaikikegiatan pembelajaran yang kurang berhasil. Kekurangberhasilan pembelajaran ini biasanya ditujukan oleh ketidakberhasilan siswa dalam menguasai materi yang dibahas dalam kegiatan pembelajaran.

Kegiatan remidial adalah kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai materi pelajaran.

2.      Tujuan dan Fungsi Kegiatan Remidial

Secara umum, tujuan kegiatan remidial adalah sama dengan pembelajaran biasa, yaitu membantu siswa mencapai kompetensi atau tujuan pembelajaran yang telah telah ditetapkan berdasarkan kurikulum yang berlaku. Secara khusus, kegiatan remidial bertujuan untuk membantu siswa yang belum menguasai materi pelajaran melalui kegiatan pembelajaran tambahan. Melalui kegiatan remdial, siswa dibantu untuk memahami dan mengatasi kesulitan belajar yang dihadapinya dengan memperbaiki cara dan sikap belajarnya, disamping guru sendiri memperbaiki cara mengajarnya.

Sebagai salah satu upaya membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar, kegiatan remidial memiliki beberapa fungsi yang penting bagi keseluruhan proses pembelajaran. Warkitri, dkk. (1991) menyebutkan enam fungsi kegiatan remidial dalam kaitannya dengan proses pembelajaran, yaitu :

a.    Fungsi korektif

Memperbaiki cara mengajar dan cara belajar. Kegiatan remidial mempunyai fungsi korektif bagi kegiatan pembelajaran karena melalui kegiatan remidial guru memperbaiki cara mengajarnya dan siswa memperbaiki cara belajarnya. Berdasarkan hasil analisis kesulitan belajar siswa, guru memperbaiki berbagai aspek proses pembelajaran, mulai dari rumusan tujuan, materi pelajaran, kegiatan pembelajaran dan evaluasi. Dalam kegiatan remidial guru merumuskan kembali tujuan pembelajaran sesuai dengan kesulitan yang dihadapi siswa; mengorganisasikan kembali materi pelajaran sesuai dengan taraf kemampuan siswa; memilih dan menerapkan berbagai alat bantu pembelajaran untuk mempermudah siswa memahami materi pelajaran yang disajikan; dsb. Disamping itu juga, melalui kegiatan remidial siswa dituntut untuk memperbaiki sikap dan cara belajarnya, sesuai dengan kelemahan dan kelebihan yang dimilikinya. Apabila siswa menyadari bahwa ketidakpahamannya terhadap materi yang disajikan guru disebabkan oleh ketidakseriusan dalam memperhatikan penjelasan guru atau atau tidak mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh maka siswa harus mengubah sikap tersebut.

b.    Fungsi pemahaman

Kegiatan remidial mempunyai fungsi pemahaman karena dalam kegiatan remidial akan terjadi proses pemahaman baik pada diri guru maupun diri siswa. Bagi guru, untuk melaksanakan kegiatan remidial, guru terlebih dahulu harus memahami kelebihan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukannya. Sebelum guru menentukan jenis kegiatan remidial yang akan dilaksanakan, guru terlebih dahulu harus mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakannya. Sementara itu, melalui kegiatan remidial siswa akan lebih memahami kelebihan dan kelemahan cara belajarnya. Sebelum kegiatan remidial, guru mengajak siswa untuk mengevaluasi kegiatan belajarnya. Dengan pemahaman ini, diharapkan siswa akan memperbaiki sikap dan cara belajarnya sehingga dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik.

c.    Fungsi penyesuaian

Kegiatan remidial memiliki fungsi penyesuaian karena pelaksanaan kegiatan remidial disesuaikan dengan kesulitan dan karakteristik individu siswa yang mengalami kesuilitan belajar. Tujuan dan materi pelajaran disesuaikan dengan kesulitan yang dihadapi individu siswa. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan menerapkan kekuatan yang dimiliki individu siswa melalui penerapan berbagai metode mengajar dan media pembelajaran.

Karena semua aspek kegiatan remidial disesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik individu siswa, proses pembelajaran tidak lagi merupakan beban bagi siswa. Siswa akan termotivasi untuk belajar lebih giat sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang lebih baik.

d.    Fungsi pengayaan

Kegiatan remidial mempunyai fungsi pengayaan bagi proses pembelajaran karena melalui kegiatan remidial guru memanfaatkan sumber belajar, metode mengajar atau alat bantu pembelajaran yang lebih bervariasi dari yang diterapkan guru dalam pembelajaran biasa. Dalam kegiatan remidial guru dapat meminta siswa untuk membaca buku lain yang ada kaitannya dengan materi yang belum dipahami. Guru juga menerapkan metode mengajar dan alat bantu pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga siswa lebih memahami materi




3. contoh rangkuman pelaksan aan remedial dan pengayaan ?


Pelaksan apaan :/
#Noob

4. Tolong dijawab ya.. yg bagian Remedial dan Pengayaan.makasih


tujuan negosiasi yaitu untuk mencapai harga termurah bagi si pembeli, sedangkan bagi sipenjual agar tidak rugi.

5. perbedaan perayaan paskah dulu dan sekaran


kalau paskah dulu itu untuk merayakan bebasnya mereka dari perbudakan dan dibawa ke tanah perjanjian, Kanaan. sekarang untuk memperingati kebangkitan Yesus Kristus (Isa Almasih)

6. tolong jawab pertanyaan ini dari 3 sampai 13 karena aya di remedial besok di kumpulkannya tolong pliss jawab secepatnya


8. f(x) = 3^2x-1
f(2) = 3^2(2)-1
= 3^3
= 27

7. tolong jawab pin remedial & pengayaan makasih..


yang nomer berapa ya, maaf

8. sebutkan perbedaan bahan pewarna alami dan buatanCepat ya kak soalnya ini Lagi remedial


ini jawaban nyaa..........

9. Apa perbedaan antara pengayaan dan pergaulan


pengayaan selalu mempunyai teman pergulan itu mempunyai teman tetapi dalam pergaulan baik atau tidak
pengayaan selalu mempunyai teman tetapi kali dalam pergaulan tidak membeda bedakan teman
salah? sorry

10. 2. Keterampilan dasar apa saja yang dibutuhkan Guru dalam melaksanakan pembelajaran remedial dan pengayaan!


Jawaban:

mengulang soal dan mengacak soal yg di berikan kepada murid

Penjelasan:

karena mengulang soal, siswa dapat memahami isi materi yg di berikan guru secara lebih paham


11. remedial remedial remedial remedial remedial remedial​


Jawaban:

ora ora ora ra...

Penjelasan:

duar duar duar duar duar


12. Tuliskan kondisi peserta didik yang mendapatkan remedial dan pengayaan pada suatu ulangan harian


Jawaban:

1. Sedih

2. Kecewa

3. Ingin berusaha lagi

Penjelasan:

Sorry kalo salah

Semoga bermanfaat

Jadikan jawaban terbaik ya


13. Jika guru memberikan latihan pengayaan setelah pembelajaran,maka nilai siswa Banyak yang meningkat. Jika nilai siswa banyak yang meningkat, maka guru tidak perlu mengadakan ujian remedial bagi siswa. Simpulan yang tepat adalah…. *a. Jika guru memberikan latihan pengayaan,nilai siswa banyak yang meningkat.b. Guru memberikan latihan pengayaan jika guru tidak mengadakan remedial.c. Jika guru memberikan latihan pengayaan, ujian remedial perlu diadakan.d. Guru tidak mengadakan remedial jika guru memberikan latihan pengayaan.e. Nilai siswa banyak yang meningkat jika tidak ada ujian remedial​


Jawaban:

c. jika guru memberikan latihan pengayan, ujian remedial tidak perlu diadakan

Jawaban:

A .guru memberikan latihan pengayaan ,nilai siswa banyak yg meningkat


14. bagi peserta didik yang nilai akhirnya masih dibawah kkm maka guru harus melakukan a. tes ulang b. remedial c. penugasan terstruktur d. pengayaan


c.penugasan tetstruktur

15. tolong dijawab secepatnya ya remedial dan pengayaan ya plisss .​


Jawab:

1. 320 kubus satuan

2. 192 kubus satuan

Penjelasan dengan langkah-langkah:

pertama cari panjang, lebar, tinggi dihitung aja berapa jumlah kubus nya, yg ke 2 jg gt

1. V kubus 1

s = 4

V = s³ = 4 x 4 x 4 = 64

V kubus 2

s = 4

V = s³ = 4 x 4 x 4 = 64

V balok

p = 12 l = 4 t = 4

V = p x l x t

= 12 x 4 x 4

= 192

= 192 + 64 + 64 = 320  kubus satuan

2. hitung 4 kubus

V kubus 1

s = 4

V = s³ = 4 x 4 x 4 = 64

V kubus 2

s = 4

V = s³ = 4 x 4 x 4 = 64

V kubus 3

s = 4

V = s³ = 4 x 4 x 4 = 64

V kubus 4

s = 4

V = s³ = 4 x 4 x 4 = 64

= 64 + 64 + 64

= 192 kubus satuan

NO COPY AND NO COPAS

jadikan jawaban terbaik


16. 100. Program pembelajaran remedial hendaknya memungbelajar sesuai dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya bPembelajaran remedial harus mengakomodasi perbedaandidik.Pernyataan di atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu​


Dalam rangka membantu peserta didik mencapai standar isi dan standar kompetensi lulusan, pelaksanaan atau proses pembelajaran perlu diusahakan agar interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan kesempatan yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kendati demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa untuk mencapai tujuan dan prinsip-prinsip pembelajaran tersebut pasti dijumpai adanya peserta didik yang mengalami kesulitan atau masalah belajar. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, setiap satuan pendidikan perlu menyelenggarakan program pembelajaran remedial atau perbaikan.


17. Siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75 akan mengikuti program pengayaan, sedangkan lainnya harus mengikuti program remedial. Pernyataan berikut yang benar adalah ⋯⋅​


Answer:

Siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75 akan mengikuti program pengayaan sedangkan yang di bawah 75 atau lainnya harus mengikuti program remedial.

Maaf kalau salah

THANKYOU

Jawaban:

13 siswa mendapatkan nilai 79,5

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Siswa yang remedial MUNGKIN lebih SEDIKIT dari siswa yang tidak remedial bila kita hitung dari nilai 72,5. Jadi 15 siswa remedial dan MUNGKIN 25 siswa tidak remesial. Atau keduanya sama banyak 20 orang, jika diperkirakan dari ruas garis antara nila 72,5 dan 79,5.

12,5 % siswa memiliki nilai LEBIH dari 86.

Hanya hampir 37,5% siswa memiliki nilai kurang dari 71.

Selisih banyak siswa yang remedial dan tidak remedial adalah sedikitnya 13 siswa.

13 siswa mendapatkan nilai sama dengan atau lebih dari 79,5.

semoga membantu. mohon maaf jikalau ada yang salah.


18. Perbedaan sujud syukur dengan sujud tilawah terletak pada ....jawab cepat lagi remedial​


Jawaban:

Terdapat persamaan dan perbedaan antara sujud syukur dengan sujud tilawah. Sementara perbedaannya secara umum adalah sujud syukur dilaksanakan ketika seorang hamba hendak berterima kasih kepada Allah SWT sementara sujud tilawah dilaksanakan ketika mendengar/membaca ayat-ayat sajadah.

Waktu pengerjaannya

Sujud syukur dilakukan ketika kita ingin berterimakasih kepada Allah setelah mendapatkan nikmat.

Sujud tilawah dilakukan ketika seseorang mendengarkan atau membaca Ayat sajdah

Semogamembantu,maafkalosalah


19. apa perbedaan antar peristiwa penyublim dan mengkristalplis cepet lg diremedial dah ngantuk nieh ​


Menyublim adalah persitiwa perubahan wujud benda padat menjadi gas, sedangkan menkristal adalah perubahan wujud dari gas menjadi padat.

Jawaban:

menyublim padat menjadi gas contohnya kamper yang lama lama habis

mengkristal gas menjadi padat contoh udara yang terkena cuaca yang sangat dingin (di Antartika (


20. remedial remedial remedial remedial remedial​


1. Rizoma

Rizoma adalah sebuah batang yang tumbuh secara lateral atau mendatar di bawah tanah. Contohnya antara lain jahe, kunyit, maupun kencur.

2. Stolon

Stolon dapat dikatakan sebagai batang yang tumbuh secara menjalar dan terletak di atas tanah dan juga merupakan bagian dari batang utama. Contohnya antara lain rumput teki, tumbuhan strowberi maupun pegagan.

3. Tuber atau Umbi Batang.

Dalam tuber atau umbi batang tersebut terdapat mata tunas, sedangkan mata tunas ini dapat berkembang menjadi tunas hingga akhirnya bertumbuh menjadi tumbuhan yang baru.  Contohnya antara lain bengkuang dan juga tumbuhan kentang.

4. Bulbus atau Umbi Lapis

Bulbus atau umbi lapis merupakan  bentuk modifikasi dari batang dan daun. Contohnya antara lain bawang merah dan juga bawang putih.

5. Umbi Akar

Umbi akar merupakan bagian akar yang memiliki fungsi sebagai penyimpan cadangan makanan. Apabila umbi tersebut ditanam bersamaan dengan pangkal batang, maka akan tumbuh tunas baru yang nantinya dapat membentuk individu baru. Contohnya antara lain lobak, wortel, dan dahlia.  

6. Tunas

Tunas adalah bagian dari tumbuhan yang baru tumbuh dari kuncup yang berada di atas tanah. Contohnya antara lain pisang, bambu, dan tebu.

7. Tunas Adventif daun dan akar

tunas yang tumbuh pada bagian tumbuhan misalnya pada bagian-bagian daun dan akar. Contoh tumbuhan dengan tunas adventif daun yaitu tumbuhan cocor bebek, sedangkan tunas adventif akar contohnya yaitu sukun.


Video Terkait


Post a Comment

0 Comments